Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 7, No 1 (2023): EDUNOMIKA : Vol. 07, No. 01, 2023

Analisis Strategi Operasional Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di PLN ULP Natar

Moh. Oktaviannur (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , Universitas Bandar Lampung)
M. Hayati Hafiz (Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik , Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Fenomena akan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS), khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang melaju begitu pesat direspons oleh masyarakat luas dengan gegap gempita. Begitu banyaknya kemajuan-kemajuan di berbagai sektor kehidupan di dunia ini yang tidak terlepas dari IPTEKS dan TIK. Tanpa terkecuali di dalam dunia bisnis. Dalam kegiatan bisnis tidask terlepas dari pentingnya peran Customer Relationship Management (CRM). Tujuan dari riset ini merupakan untuk mengetahui strategi operasional Customer Relationship Management (CRM) sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan di PLN ULP Natar. Hasil penelitian diperoleh Operasional customer relationship management (CRM) berpengaruh dalam peningkatan kualitas pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hubungan antara customer relationship management dengan kualitas pelayanan yaitu bahwa meningkatnya pelayanan di tentukn oleh bagaimana sistem customer relationship management yang di terapkan oleh PT PLN ULP Natar. Dengan adanya sistem CRM yang diterapkan akan memudahkan perusahaan dalam hal menjaga kepuasan pelanggan. Kepuasaan pelanggan tentusaja berasal dari kualitas pelayanan yang perusahaan berikan kepada setiap pelanggan. Selain itu, CRM juga membatu perusahaan dalam mengembangkan produk baru berdasarkan informasi yang lengkap tentang keinginan pelanggan. Adanya penerapan sisteminformasi customer relationship pada PT PLN ULP Natar dengan sistem kerja yang terstruktur guna mempertahankan pelanggan denggan cara melakukan pengidentifikasian karakteristik setiap pelanggan, membuat model penilaian bagi pelanggan, menciptakan strategi yang proaktif dan menjawab kebutuhan pelanggan, serta mendesain ulang proses kerja, teknologi dan sistem penghargaan yang diberikan kepada pelanggandalam rangka mengimplementasikn strategi peningkatan hubungan dengan pelanggan. Kata Kunci: customer relationship management; kualitas pelayanan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...