Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol 7, No 2 (2023): EDUNOMIKA

CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI MODERASI PADA KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS

Frans Sudirjo (Universtitas 17 Agustus 1945 Semarang)
Muhamad Risal Tawil (Politeknik Baubau)
Ridho Muhammad (STIE Harapan Bangsa Bandung)
Syamsul Syamsul (Universitas Ichsan Gorontalo)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Menjaga nasabah bank agar tetap loyal terhadap layanan bank, manajemen bank perlu memperhatikan kualitas layanan yang diberikan. Loyalitas pelanggan telah menjadi perhatian abadi baik bisnis maupun akademisi yang mencerminkan sikap positif pelanggan terhadap organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan citra perusahaan sebagai moderasi. Populasi dalam penelitian terdiri dari 200 nasabah bank di Kota Semarang, Baubau, Bandung dan Gorontalo. Tehnik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Tehnik analisis menggunakan software Smart PLS. Hasil peneletian telah membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas. Citra perusahaan sebagai moderasi mampu memoderasi kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Kata Kunci: Loyalis, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...