Dengan adanya lembaga keuangan bank dan non-bank yang begitu pesat berkembang serta semakin ketat nya persaingan bisnis yang harus dihadapi oleh perusahaan serta dengan adanya promosi yang dilakukan oleh perusahaan, menjadikan promosi sebagai alat untuk menambah pengetahuan bagi nasabah PT.Pengadaian serta menjadikan promosi berkembang dengan secara baik, perusahaan dituntut untuk meningkatkan jumlah nasabah di setiap promosi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebonserta apa saja kendala dalam kegiatan promosi pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu nasabah PT.Pegadaian cabang Cirebon. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan3748K9FJD4HSAGFd dokumentasi. Serta metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y=3,579 + 0,257X, dapat disimpulkan bahwa promosi memliki pengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Hasil uji t menunjukkan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penongkatan julah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan diketahui dengan nialai thitung (3,860) > ttabel (1,984) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil determinan (R2) diketahui nilai koefisien determinan atau R square adalah 0,152. Hal ini bahwa kontribusi variabel promosi terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah sebear 15,2% sedangkan sisahnya 85,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Promosi, Peningkatan jumlah nasabah.
Copyrights © 2023