ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment
Vol 6, No 1 (2024): In-Press

Meningkatkan Manajemen Keuangan di Institusi Pendidikan Melalui Sistem Manajemen Tabungan Siswa Berbasis Web

Rosalina Rosalina (President University)
Genta Sahuri (President University)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Sistem manajemen tabungan siswa berbasis web memberikan berbagai manfaat penting dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah sistem ini meningkatkan efisiensi dan transparansi pengelolaan keuangan sekolah. Dengan teknologi ini, proses pencatatan dan monitoring dilakukan secara real-time dan akurat, mengurangi risiko kesalahan manual dan mempercepat akses informasi keuangan. Institusi pendidikan diharapkan dapat mengadopsi solusi yang inovatif, kreatif, efisien, dan efektif untuk mengelola tabungan siswa, yang pada akhirnya meningkatkan akuntabilitas dan memudahkan pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilaksanakan di TKIT Al Manshuriyyah bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada, seperti metode pencatatan manual yang sering menyebabkan kesalahan dan inefisiensi. Selain itu, banyak sekolah mengalami kesulitan dalam memantau tabungan siswa secara real-time karena kurangnya sistem yang terintegrasi. Kegiatan ini juga mengidentifikasi kebutuhan akan solusi teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan keuangan. Melibatkan seluruh staf administrasi sekolah dan orang tua siswa, kegiatan ini bertujuan memastikan implementasi sistem yang efektif, memberikan manfaat optimal bagi semua pihak terkait, dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan sekolah secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AIA

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Academics in Action Journal of Community Empowerment is a scientific publication media for Community Service (PKM) activities, which is carried out by lecturers and education staff. The journal is published twice a year, in June and December; and managed by the Institute for Research and Community ...