Keterampilan 3D modeling semakin relevan dalam era digital, terutama di bidang kreatif dan desain. Pelatihan 3D modeling sejak dini dapat membekali pelajar dengan kompetensi yang dibutuhkan di masa depan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan 3D modeling dasar menggunakan perangkat lunak Blender pada siswa [sekolah/tingkat]. Metode pembelajaran Discovery Learning yang melibatkan tahapan stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi dan evaluasi Countenance Evaluation Model untuk menilai pemahaman siswa secara holistik dari aspek konteks, proses, dan hasil. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil menarik minat peserta dan memberikan pemahaman dasar tentang 3D modeling. Siswa mampu membuat model sederhana, memahami konsep dasar pemodelan. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang membutuhkan bantuan tambahan. Pelatihan 3D modeling dasar menggunakan Blender terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Metode pembelajaran dan evaluasi yang digunakan dianggap relevan. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelatihan. Perlu adanya dukungan yang lebih intensif bagi siswa yang mengalami kesulitan. Integrasi materi 3D modeling ke dalam kurikulum sekolah dapat memperkaya pembelajaran siswa
Copyrights © 2024