Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara sarana dan prasarana dengan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini didasarkan pada asumsi awal bahwa akan terdapat korelasi antara sarana dan prasarana terhadap mutu pembelajaran. Kondisi ini didasarkan pada kondisi di mana sarana dan prasarana yang ada dianggap berkorelasi lemah dengan mutu pembelajaran, dikarenakan mutu pembelajaran tetap berada pada posisi dimana terjadi peningkatan walaupun kondisi sarana dan prasarana yang kurang maksimal. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi pearson untuk menilai signifikansi hubungan antara kedua variasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sarana dan prasarana dengan mutu pembelajaran, namun hubungan tersebut bersifat lemah sehingga dapat diasumsikan bahwa peningkatan mutu pembelajaran tidak semata-mata dikaitkan dengan sarana dan prasarana, tapi masihi terdapat variasi lainnya yang dapat menjelaskan terjadinya perubahan pada variabel dependen.
Copyrights © 2024