Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pembelajaran terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMKN 1 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMKN 1 Bulukumba yang terdiri dari kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 yang berjumlah 39 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling Total, sampel dari populasi diperoleh dari seluruh jumlah populasi dengan sampel sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana pada hasil belajar di peroleh Y = 48,273 + 0,746X. Nilai koefisien regresi sebesar 0,746, hal ini berarti bahwa jika variabel kualitas pembelajaran (X) mengalamai peningkatan sebesar satu satuan, maka variabel hasil belajar (Y) meningkat sebesar 0,746 satuan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 25 for windows, diperoleh nilai signifikan 0,0000,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kebiasaan belajar dan hasil belajar.
Copyrights © 2024