Jurnal Pedagogy
Vol. 12 No. 2 (2019): Volume 12 Nomor 2 Tahun 2019

Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Teknik Pencatatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Penguasaan Konsep Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Sholat Sunnah Kelas IX (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Blora)

Nuraini, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2019

Abstract

Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Teknik Pencatatan Min d M a p pin g Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Penguasaan Konsep Mata Pelajaran PAI Materi Sholat Sunnah Kelas IX ( Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Blora ) Pembelajaran Kontekstual (CTL) mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan, artinya CTL bukan hanya mengharapkan siswa dapat memahami materi yang dipelajarinya, akan tetapi bagaiman materi pelajaran itu dapat mewarnai perilakunya dalam kehidupan sehari – hari. Materi pelajaran dalam konteks CTL bukan untuk ditumpuk di otak dan kemudian dilupakan, akan tetapi sebagai bekal mereka dalam mengarungi kehidupan nyata. Kemudian melakukan refleksi pada akhir pertemuan dan pada tahap akhir melakukan penilaian otentik yang betul-betul menunjukkan kemampuan siswa. Terdapat pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa, pengaruh teknik pencatatan mind mapping terhadap hasil belajar siswa, pengaruh interaksi metode pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa. Dalam uji hiotesis di nyatakan bahwa metode CTL dan Mind Mapping mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...