Jurnal Pedagogy
Vol. 10 No. 3 (2017): Volume 10 Nomor 3 Tahun 2017

Implementasi Metode Pembelajaran Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2 Blora

Murtyaningsih, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2017

Abstract

Pendidikan saat ini tidak terlepas dari peranan guru sebagai pengajar dan siswa sebagai peserta didik. Latar belakang diadakannya penelitian ini salah satunya untuk mengatasi permasalahan yang ada selama ini, termasuk dalam pembelajaran pendidikan agama islam, diantaranya siswa cenderung merasa bosan jika belajar pendidikan agama islam. Jika hal ini terus terjadi, maka prestasi siswa dalam belajar pendidikan agama islam akan menurun. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru) untuk meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Blora tahun ajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian terdapat pre-test tujuannya adalah untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilakukan penelitian, dan post-test tujuannya untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru). Teknik-teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data berupa analisis data kualitatif. Hasil penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran Everyone Is a Teacher Here (semua bisa jadi guru) mengalami siswa menjadi aktif dalam pembelajaran serta peningkatan prestasi belajar siswa. Keyword : Metode everyone a teacher dan prestasi belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Pedagogy Journal is a scientific publication medium related to Islamic education. This journal is managed by STAI Muhammadiyah Blora under the supervision of the Institute for Research and Community Service (LPPM). This journal contains scientific works from lecturers, teachers, students, and ...