Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Blora agar bisa mencapai tujuan pendidikan Islam yang efektif dan efisien di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal, diantaranya: 1) adanya implementasi manajemen kurikulum darurat berbasis pendidikan Islam yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga mampu menciptakan pendidikan Islam yang berkarakter Islami sesuai tuntunan Al-Qur'an dan Hadis, 2) Pihak lembaga membuat SOP terkait program kerja tambahan berupa bimbingan belajar, parenting, pengambilan media dan pelaporan hasil belajar siswa selama pandemi yang dilaksanakan setiap seminggu sekali, 3) Adanya peningkatan kinerja guru serta peningkatan kemandirian dan kedisiplinan dalam diri siswa saat mengimplementasikan kurikulum darurat berbasis pendidikan Islam di SD Muhammadiyah Blora.
Copyrights © 2021