Penelitian ini dilatarbelakangi pada manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang masih rendah. Fokus penelitian ini adalah menganalisa manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Pendidikan Agama Islam dilihat dari aspek perencanaannya, pengorganisasiannya, pelaksanaannya, pengawasannya serta menganalisis langkah-langkah strategimanajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi. Lokasi penelitian dilakukan di STAI Muhammadiyah Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan keabsahan data. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di jurusan Program Pendidikan Agama Islam telah diselenggarakan oleh Ketua STAI Muhammadiyah Blora. Manajemen harus diimplementasikan dengan fungsi manajemen perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling) yang saling berhubungan, tidak terpisahkan. (2) Langkah-langkah strategi manajemen telah melakukan upaya-upaya yang membangun jurusan Program Pendidikan Agama Islam kedepan sehingga mutu pendidikan dapat lebih baik dari yang sebelumnya. Kata kunci : Manajemen Strategi, Mutu Pendidikan.
Copyrights © 2022