Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda satu dengan yang lain. Perbedaan tersebut menjadikan manusia makhluk yang unik. Dalam penelitian ini penulis mencoba menginvestigasikan konsep pendidikan Islam dalam pengembangan kepribadian anak usia sekolah di era 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kualittif dengan jenis penelitian kepustakaan. Peneliti mengkaji konsep Pendidikan Islam bagi anak dan kajian era 5.0 prespektif pendidikan Islam dari berbagai literatur. Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi kepribadian meliputi bawaan (dalam) dan faktor lingungan (luar) dan kematangan jiwa. Islam memandang bahwa setiap orang memiliki potensi mental dan fisik yang dapat mengangkat derajat/ martabatnya sebagai khalifah di bumi. Manusia memiliki potensi jiwa yang terdiri dari hati, nafsu, akal dan ruh. Orang tua menjadi peran utama dan pertama di dalam keluarga dalam menumbuhkembangan potensi pribadi yang baik. Peran pendidikan sebagai media merealisasikan kepribadian yang baik agar anak mampu diarahkan menjadi pribadi muslim.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023