Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan psikomotorik siswa selama memanfaatkan materi pembelajaran dengan bantuan Appsgeyser. Teknologi ini dibangun dengan mempertimbangkan validitas, kegunaan, dan kemanjuran. Memanfaatkan paradigma pengembangan ADDIE, penelitian dilakukan di SMA N 3 Purworejo dengan jumlah peserta uji coba diperpanjang sebanyak 29 anak dan uji coba terbatas sebanyak 5 siswa. Dari hasil perbincangan terlihat dari: 1) Verifikasi bahwa media reliabel dan layak untuk digunakan dalam bidang pendidikan berdasarkan temuan dua validator ahli. 2) Hasil kepraktisan pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,53% masuk dalam kategori sangat praktis. 3) Uji T digunakan untuk mengamati kemampuan psikomotorik siswa untuk mengetahui keefektifan dan ditemukan nilai sig. (2-ekor) 0,000. Dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai Signya kurang dari atau sama dengan 0,005. Menolak H0 menunjukkan bahwa kemampuan psikomotorik siswa mengalami peningkatan dan terdapat perbedaan yang cukup besar antara hasil ujian psikomotorik dan observasi pada praktikum tradisional dan praktikum berbantuan Appsgeyser.
Copyrights © 2024