Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi
Vol 1, No 2 (2024): November 2024

Pengembangan Appsgeyser sebagai Media Pembelajaran pada Materi Elastisitas dalam Peningkatan Psikomotorik Peserta Didik SMA N 3 Purworejo

Sumiati, Sumiati (Unknown)
Al Hakim, Yusro (Unknown)
Ashari, Ashari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan psikomotorik siswa selama memanfaatkan materi pembelajaran dengan bantuan Appsgeyser. Teknologi ini dibangun dengan mempertimbangkan validitas, kegunaan, dan kemanjuran. Memanfaatkan paradigma pengembangan ADDIE, penelitian dilakukan di SMA N 3 Purworejo dengan jumlah peserta uji coba diperpanjang sebanyak 29 anak dan uji coba terbatas sebanyak 5 siswa. Dari hasil perbincangan terlihat dari: 1) Verifikasi bahwa media reliabel dan layak untuk digunakan dalam bidang pendidikan berdasarkan temuan dua validator ahli. 2) Hasil kepraktisan pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,53% masuk dalam kategori sangat praktis. 3) Uji T digunakan untuk mengamati kemampuan psikomotorik siswa untuk mengetahui keefektifan dan ditemukan nilai sig. (2-ekor) 0,000. Dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai Signya kurang dari atau sama dengan 0,005. Menolak H0 menunjukkan bahwa kemampuan psikomotorik siswa mengalami peningkatan dan terdapat perbedaan yang cukup besar antara hasil ujian psikomotorik dan observasi pada praktikum tradisional dan praktikum berbantuan Appsgeyser.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi dengan nomor ISSN terdaftar 3046-7896 (Cetak) dan 3046-7187 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli ...