cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30467896     EISSN : 30467187     DOI : https://doi.org/10.57235
JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi dengan nomor ISSN terdaftar 3046-7896 (Cetak) dan 3046-7187 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Manajemen 4. Hukum 5. Pendidikan JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 210 Documents
Increasing Student Learning Activities Through Model Application Problem Based Learning (PBL) Material on the History of Colonialism and Imperialism in Class XI Asteroid at SMA Negeri 2 Medan Sitanggang, Indri Cornelia; Sumantri, Pulung; Aisyah, Sitti
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3621

Abstract

This study seeks to detail how class XI Asteroids students at SMA Negeri 2 Medan were able to increase their learning activities by using the Problem Based Learning (PBL) paradigm to content related to the history of colonialism and imperialism. The classroom action research (PTK) approach is used in this study to address a range of issues that transpire inside the educational setting. The four steps of this PTK are preparation, execution, evaluation, and review. Increasing students' historical learning activities is the primary goal of this study, and these four steps repeat themselves in a cycle to achieve this goal. The study was place in July and August of 2024 at SMA N 2 Medan and included students from class XI ASTEROID. Each of the two cycles of this study included two sessions. The study shows that with each cycle, pupils get more engaged in learning about history. The average proportion of student learning activities, which was 48.91% in cycle I and 75.78% in cycle II, shows this growth. Based on these findings, it can be concluded that the research success indicator has been met, with an average proportion of student learning activity reaching or above 70%, during cycle II.
Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Kuliah Kerja Nyata 161 UINSU (KKN) di Desa Suka Maju Trisna, Nabilla Fairus Izzati Eka; Utami, Febriani Putri; Siregar, Shara Jumiati; Nasution, Putri Amalia Saqina; Harniz, Innat Adlan Adillah; Putri, Amanda Afriza; Erpiani, Tika; Panjaitan, Devi Hertina; Zahratunnisa, Elvira; Rohani, Rohani
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3762

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, menggunakan data primer dari mahasiswa KKN Kelompok 161 UINSU dan data sekunder melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok KKN 161 UINSU berperan aktif dalam pengabdian masyarakat melalui pelatihan UMKM, peningkatan akses pendidikan, pencegahan stunting, serta kegiatan lingkungan. Partisipasi aktif mahasiswa, didukung oleh pemerintah desa, berkontribusi dalam peningkatan keterampilan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, tantangan berupa keterba.
Analisis Yuridis Tentang Penyelesaian Sengketa Merek Rokok Gudang Garam Melawan Gudang Abbror, Rivat Maliqisyah; Fernando, Fransisco Frisco; Elmaniz, Shahrazad
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3898

Abstract

Penelitian ini berfokus pada sengketa dugaan kemiripan merek rokok gudang garam dengan gudang baru, yang dimana sengketa ini dapat dimanfaatkan reputasi gudang garam yang sudah mapan oleh Gudang Baru. Tujuan utama penelitian ini yaitu menganalisis pelanggaran HKI terutama pada hak merek, yang dilakukan oleh bukan pemilik merek tersebut dan mengkaji dasar hukum yang digunakan oleh Mahkamah Agung. Penelitian ini menganalisis putusan Mahkamah Agung nomor 4/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Sby, yang melibatkan pertimbangan hukum, bukti, dan pelanggaran HKI, Hasil penelitian ini membahas tentang Mahkamah Agung yang memberi keputusan kepada sengketa Gudang Garam dan Gudang Baru dari berbagai aspek hukum, termasuk ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Lalu hal ini berfokus bahwa sengketa ini menunjukan kemiripan merek, apa lagi jika bersengketa dengan hak kekayaan intelektual. Bukti serta pembuktian yang diberikan oleh Gudang garam adalah kunci atas putusan ini.
Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika Materi Program Linear Dapat Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas XI SMA Yudianto, Muhammad Irfan Bagus; Supriyono, Supriyono; Purwoko, Riawan Yudi
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3715

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran interaktif, mengetahui kelayakan multimedia interaktif, dan mengetahui peningkatan literasi numerasi pada kelas XI SMA. Jenis penelitian adalah Research and Development. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Pancasila Purworejo kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket respon peserta didik, serta soal pretest dan posttest. Teknik analisis data dibagi menjadi 2 yaitu menganalisis kelayakan media dan peningkatan literasi numerasi. Untuk menganalisis kelayakan dihitung persentase kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Untuk menganalisis peningkatan literasi numerasi dihitung menggunakan rumus gain. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan model 4D yaitu, Define, Design, Develop dan Disseminate. Kelayakan multimedia diperoleh kevalidan yang dinilai oleh ahli media dengan persentase 80% dalam katagori sangat valid, oleh ahli materi dengan persentase 94% dalam tatagori sangat valid; dan validator soal dengan persentase 84% dalam katagori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari respon siswa pengguna mencapai 89% dalam katagori sangat praktis. Keefektifan diperoleh dari ketuntasan belajar siswa mencapai 75% dalam katagori tuntas. Peningkatan literasi numerasi melalui standar gain mencapai 0,38 dalam katagori sedang. Kesimpulan penelitian ini ialah Multi media interaktif layak digunakan dalam pembelajaran Materi Program Linear dan dapat meningkatkan literasi numerasi bagi siswa SMA 
Peranan Filosofi Hamoraon Hagabeon dan Hasangapon Perempuan Etnik Batak Toba Dalam Kehidupan Rumah Tangga Siregar, Siti Fatimah; Amal, Bakhrul Khair
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri penerapan Filosofi Hamoraon Hagabeon dan Hasangapon Etnik Batak Toba yang diterapkan perempuan Batak Toba dalam lingkungan rumah tangganya dan menganalisis partisipasi perempuan Etnik Batak Toba dengan cara yang dilakukan Perempuan Batak Toba dalam meningkatkan perekonomian rumah tangganya di  kota Rantauprapat Kelurahan Bakaran Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan filosofi Hamoroan Hagabeon dan Hasangapon pada Perempuan Batak Toba masih sangat minim pada rumah tangga Perempuan usia berumur muda. Namun, Perempuan Batak Toba yang berusia tua sangat kental akan penerapan Filosofi Hamoraon Hagabeon dan Hasangapon pada rumah tangganya. Kaitan filosofi Hamoraon Hagabeon dan Hasangapon memberikan motivasi untuk Perempuan Batak Toba terjun kedalam dunia pekerjaan untuk membantu dan memperbaiki ekonomi keluarga. Dengan membantu perekonomian keluarga perempuan Batak Toba di Kelurahan Bakaran Batu menerjunkan diri dengan cara ikut bekerja. Adapun cara yang dilakukan perempuan Batak Toba untuk membantu perekonomian rumah tangganya dengan bekerja sebagai guru SD, Buruh Tani, Pedagang Warung dan Pengusaha. Cara tersebut merupakan upaya perempuan Batak Toba dalam membantu perekonomian rumah tangganya sekaligus membantu memperbaiki pendapatan suami di rumah tangga.
Application of Wordwall Media to increase learning motivation in learning the History of Colonialism and Imperialism in class XI-6 SMA Negeri 5 Medan Perangin-Angin, Elsima Br; Nasution, Abd Haris; Nasution, Sovianur
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3571

Abstract

This research aims to increase student motivation in studying in class XI-6 students at SMA Negeri 5 Medan in studying the history of colonialism and imperialism through the use of the Wordwall web media. The classroom action research method was applied in three stages. The research results showed a significant increase in students' learning motivation after using Wordwall. In the second stage, student learning motivation reached 81%, an increase from 50% in the initial stage. These findings indicate that Wordwall has the potential to be an effective tool for increasing student interest and engagement in history learning.
Melawan Kemiskinan Melalui Peningkatan Umkm di Dusun Pancuran, Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat Hasibuan, Ramsil Huda; Alparizky, M; Gultom, Amalia Nurhanisah; Adelia, Putri; Asmelia, Fithri; Margolang, Dinda Pratiwi; Naldo, Jufri
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3805

Abstract

Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di dusun pancuran, desa buluh telang, kecamatan padang tualang, kabupaten langkat. Bertujuan untuk melawan kemiskinan melalui peningkatan UMKM. Topik ini di pilih karena potensi pembuatan sabun cuci piring bisa melawan kemiskinan pada masyarakat yang kini belum di maksimalkan dalam pemasaran dan pengemasan yang efektif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa UMKM di dusun pancuran desa buluh telang berhasil meningkatkan kualitas produk dan memperluas pemikiran masyarakat demi pengembangan desa. Kesimpulan penting dalam program ini adalah bahwa pemanfaatan pembuatan sabun cuci piring dapat secara signifikan melawan kemiskinan serta mendukung keberlanjutan usaha UMKM di daerah tersebut.
Analisis Perbandingan Service Quality Antara Jasa Pengiriman J&T Express dan JNE Express di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat Handika, Handika; Wibawa, Dian Prihardini; Sumar, H
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan Service Quality antara jasa pengiriman JT Express dan JNE Express di Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. Variabel penelitian ini meliputi, availability, responsiveness, reliability, completeness dan professionalism. Pendekatan penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji beda rata-rata independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel availability, responsiveness, reliability, completeness dan professionalism memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan Service Quality dari kelima variabel pada Jasa Pengiriman JT Express dan JNE Express di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat.
Studi Kasus Pendidikan Islam Dalam Mempromosikan Inklusi dan Keadilan Zuraida, Siti; Pangestu, Endy Dharma; Chanifudin, Chanifudin
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.2863

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter individu dan masyarakat. Sistem pendidikan ini berakar pada nilai-nilai agama yang tidak hanya fokus pada pengembangan intelektual, tetapi juga pada pembentukan moral dan spiritual peserta didik. Nilai-nilai inklusi dan keadilan dalam Islam mengajarkan kesetaraan, keadilan, dan penghargaan terhadap keberagaman, yang semuanya merupakan elemen kunci dalam menciptakan masyarakat yang inklusif dan adil. Di era globalisasi, tantangan ketidaksetaraan sosial, diskriminasi, dan eksklusi sosial semakin kompleks. Pendidikan Islam berpotensi besar mengatasi masalah-masalah ini dengan mengintegrasikan ajaran-ajaran agama yang menekankan kesetaraan, penghormatan, dan keadilan sosial ke dalam kurikulum dan praktik pendidikan. Nilai-nilai ini tercermin dalam kebijakan dan kurikulum yang dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang adil dan inklusif. Metode pengajaran inklusif, seperti pembelajaran kooperatif dan diskusi kelompok, membantu menciptakan lingkungan belajar yang menghargai kontribusi setiap siswa dan mendorong penghormatan terhadap perbedaan. Guru dan lembaga pendidikan Islam memainkan peran krusial dalam mempromosikan inklusi dan keadilan dengan menyelenggarakan program-program yang mendorong kesetaraan dan penghargaan terhadap keragaman. Pendidikan Islam meningkatkan kesadaran sosial dan partisipasi dalam aktivitas yang mempromosikan keadilan sosial. Studi ini memberikan wawasan tentang kontribusi pendidikan Islam dalam mempromosikan inklusi dan keadilan serta menawarkan rekomendasi untuk meningkatkan perannya. Penelitian ini juga memberikan bukti empiris untuk pembuat kebijakan, pendidik, dan peneliti dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan adil.
Upaya Peningkatan Ekonomi Kreatif melalui Pembuatan Sabun Cuci Piring di Desa Padang Tualang Susilawati, Susilawati; Rasta, Juwairiazizah; Nugraha, Muhammad Bima; Alaina, Nurul; Siregar, Rizky Ananda; Tamlija, Tamlija; Harahap, Parlaungan
Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jahe.v1i2.3648

Abstract

Program pelatihan pembuatan sabun cuci piring di Desa Padang Tualang merupakan bagian dari upaya peningkatan ekonomi kreatif masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat desa, khususnya ibu rumah tangga. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan masyarakat untuk memproduksi sabun cuci piring secara mandiri, yang kemudian dapat dijadikan sebagai usaha rumahan. Pelatihan ini juga telah berhasil mendorong diversifikasi ekonomi lokal, meningkatkan kesejahteraan, dan memperkuat potensi ekonomi kreatif di desa tersebut. Program ini dapat menjadi model yang diadopsi oleh desa-desa lain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan ekonomi kreatif.

Page 1 of 21 | Total Record : 210