Penelitian ini membahas tentang Pengaruh fasilitas ruang tunggu domestik terhadap tingkat kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk memenuhi kepuasan dan kenyamanan para penumpang saat berada atau menggunakan fasilitas di ruang tunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini mengacu pada data statistik penerbangan pada bulan agustus Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak sebanyak 98,947 orang. Sampel pada penelitian ini adalah penumpang yang berada diruang tunggu domestik terminal Bandar Udara Supadio Pontianak yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Uji Parsial, dan Koefisen Determinasi. Hasil pada penelitian ini adalah dilihat dari hasil uji t, nilai t hitung sebesar 1,745 sedangkan t tabel 0,278. Maka pada penelitian ini dikatakan adanya pengaruh kepuasan penumpang setelah menggunkan fasilitas ruang tunggu di Bandar Udara Supadio Pontianak. Hasil uji koefisen determinasi menyatakan ada kecocokan antar variabel Y dan variabel X sebesar 60,1% disimpulkan bahwa hubungan antara variable independen dan variable dependen sangat kuat.
Copyrights © 2024