cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Citizen Research and Development
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30482933     EISSN : 30482941     DOI : https://doi.org/10.57235
JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Ekonomi, Bisnis, Akuntansi, Keuangan 2. Sosial, Budaya, Hukum, Pemerintahan, Politik, Pertahanan Keamanan 3. Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas 4. Teknologi, Teknik, Transportasi 5. Kesehatan, Kedokteran, Farmasi 6. Arsitektur, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan JCRD Journal of Citizen Research and Development diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Mei dan November
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 305 Documents
Hubungan Game Online Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 115 Pekanbaru Athifah, Putri; Latif, Latif
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3432

Abstract

Bermain game online dapat menimbulkan efek ketagihan yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan game online terhadap minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Untuk mengetahui hubungan game online terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif biasanya dilakukan dengan jumlah sampel yang ditentukan berdasarkan populasi yang ada. Hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 115 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan game online dan minat belajar dengan prestasi belajar bersifat linier yang artinya game online memiliki hubungan signifikan dengan minat belajar siswa SDN 115 Pekanbaru
Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme Dalam Menulis Karya Ilmiah Dari, Dwi Ulan; Irwansyah, Irwansyah; Balqis, Natasya; Wahyuni, Nabila
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3140

Abstract

Plagiarisme adalah tindakan yang merugikan dalam bidang ilmu pengetahuan, di mana seseorang mengambil karya orang lain tanpa memberikan kredit kepada sumbernya. Disiplin ilmu seperti psikologi rentan terhadap masalah ini dan memerlukan perhatian yang lebih besar untuk mencegahnya. Ada beberapa jenis plagiarisme yang bisa dibedakan berdasarkan motivasi (dilakukan dengan sengaja, tidak disengaja, dan self-plagiarisme), metode pelaksanaannya (menulis ulang, melakukan parafrase yang tidak tepat, dan menyajikan ringkasan tanpa memberikan atribusi yang sesuai), serta self-plagiarisme (mengulang teks, melakukan publikasi berlebihan atau duplikasi, dan memecah dataAda beberapa faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan plagiarisme, seperti kemudahan akses terhadap informasi melalui internet, tekanan dalam menyelesaikan tugas akademis, kemampuan menulis yang kurang terampil, kebutuhan untuk menulis dengan cepat dalam tekanan waktu, kurangnya pemahaman tentang cara mengubah kata-kata dari sumber asli, kebingungan tentang konsep plagiarisme, dan kecenderungan untuk meniru. Artikel tersebut juga mengusulkan tindakan-tindakan untuk mencegah plagiarisme, seperti menghormati hak kekayaan intelektual, melakukan kutipan yang tepat dan parafrase yang akurat, serta memanfaatkan layanan deteksi plagiarisme untuk memverifikasi kesamaan teks sebelum publikasi.
Analisis Pengaruh Airport Self Service Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung Kinasih, Wening; Pinem, Yune Andryani
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3819

Abstract

Airport Self Service merupakan sebuah pemanfaatan teknologi guna meningkatkan kegiatan operasional dan pelayanan bandar udara. PT Angkasa Pura di Indonesia sebagai pengelola bandara telah menerapkan beberapa teknologi Airport Self Service seperti Layanan Self Check-In, Flight Information Display System (FIDS), Automated Information System. Kepuasan penguna jasa adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Airport Self Service terhadap kepuasan pengguna jasa di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan menyediakan data yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada pegguna jasa di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil T hitung yang dilakukan menggunakan SPSS menunjukan nilai T hitung sebesar 53, 396 lebih besar dari T tabel 1.661 dan nilai signifikan 0.00 yang dapat diartikan bahwa Airport Self Service berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pengguna Jasa. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan sejauh mana pengaruh variabel penerapan Airport Self Service (X) terhadap variabel kepuasan pengguna jasa (Y), diketahui bahwasanya nilai koefisien determinasi yakni 0,968. Ini berarti variabel Airport Self Service (X) memberikan pengaruh sebesar 96,8% terhadap variabel kepuasan pengguna jasa (Y) dan variabel lain yang mempengaruhi di luar penelitian ini sejumlah 3,2.
Implementasi Pembelajaran PJOK Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Adita Hervani Barus; Dea Natalisa Miranda Situmorang; Risda Melisa Damanik; Shella Aprilia; Sry Ninta Sebayang; Fajar Sidik Siregar
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i1.2784

Abstract

Pendidikan karakter adalah upaya yang direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk menanamkan nilai-nilai dalam perilaku siswa yang berkaitan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan negara. Nilai-nilai ini terbentuk dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perilaku siswa yang dipengaruhi oleh norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Pendidikan jasmani adalah pembelajaran melalui aktivitas fisik dan gaya hidup sehat yang meningkatkan sikap, emosional, mental, sosial, dan kepribadian fisik dan rohani peserta didik. PJOK (Pendidikan Jasmani dan Olahraga) dapat dijadikan menjadi sarana untuk mengembangkan psikis, fisik, kemampuan kognitif serta psikomotor seseorang. Merdeka belajar dalam PJOK (Pendidikan Jasmani dan Olahraga) memberikan kebebasan peserta peserta didik, sehingga diperlukan kemampuan guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kaidah program pendidikan merdeka belajar dengan itu penelitian ini bertujuan untuk menganalilisis bagaimana pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani dan Olahraga) berbasis pendidikan karakter dapat diterapkan dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar.
Analysis of Airport Operation Control Center (AOCC) Unit Services at Adi Soemarmo Boyolali International Airport Aeni, Fadzillah Ika Nur; Novianty, Rezty Fauziah
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3705

Abstract

Airport Operation Control Center (AOCC) is the front line in supervising and controlling all problems and is the control center of Adi Soemarmo Solo International Airport operations in serving Airport Service Users. AOCC involves all stakeholders at the Airport by integrating the systems owned by each stakeholder so that they can operate effectively and efficiently. This study aims to determine how the AOCC unit service system is at Adi Soemarmo Boyolali International Airport and what factors can cause problems and solutions to AOCC unit service problems. This study uses a descriptive qualitative approach. The data used are primary and secondary data. Primary data is obtained from observation and interviews, while secondary data comes from literature studies and photographs related to the problems studied. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and drawing conclusions. To test the validity of the data, triangulation techniques are used. The research time is in August - September 2023. The results of this study indicate that a good service system was found by the Airport Operation Control Center (AOCC) Unit to service users starting from coordination with all parties, namely Airlines and Ground Handling, Air Traffic Control (ATC), Apron Movement Control (AMC), Information Unit, Aviation Security, Airport Operation Landside And Terminal (AOLT), Traffic Administration Office and Central Flight Schedule Office (CFSO) and the Airport Mechanical Unit. The service system uses the ACDM (Airport Collaborative Decision Making) system, namely with collaboration between stakeholders to share information between related parties in real time and make joint decisions in a win-solution manner. Factors that can cause problems are related to coordination between one and another so that it can harm several parties. The solution to various problems is to implement ACDM (Airport Collaborative Decision Making), where related units in airport operations synergize with each other, receive and share information from each unit, make proactive and appropriate joint decisions, anticipate unexpected events and provide the best quality of service, cohesiveness and unity of vision and mission.
Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Dalam Usulan RKBMD di Kantor Kecamatan Tanjung Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Nurkholis, Nurkholis; Irawan, Bambang; Bhakti, R Mohamad Herdian
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3362

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah mengharuskan setiap daerah untuk mengatur, mengelola dan membangun urusan daerahnya masing - masing. Begitu pula di kecamatan yang menjalankan sebagian urusan otonomi daerah yang didelegasikan oleh Bupati/Walikota di wilayah kecamatan. Seperti halnya kewenangan dalam pengadaan barang milik daerah (BMD) untuk mendukung sarana prasarana pelayanan kepada masyarakat. Kemajuan teknologi informasi mengharuskan semua sektor baik swasta maupun pemerintahan untuk dapat beradaptasi guna meningkatkan pelayanan. Proses penyusunan usulan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes masih dibuat secara manual. Hal ini rentan terjadi kesalahan dan hasil yang kurang akurat serta keterlambatan dalam membuat laporan RKBMD. Maka pada penelitian ini penulis membuat sistem pendukung keputusan yang diharapkan mampu membantu dalam hal pemilihan barang terbaik yang akan menjadi usulan RKBMD. Metode yang dipakai yaitu Simple Additive Weighting (SAW) yang diaplikasikan kedalam sistem berbasis web. Hasil dari penelitian ini mampu meningkatkan kinerja dan proses penyusunan usulan RKBMD menjadi lebih cepat dan akurat.
Analysis of the Use of Various Languages in Msme Digital Marketing on Instagram: Case Study of Pukis Kota Baru Butarbutar, Della Agaveni; Hasugian, Anastasia Boru; Sitanggang, Cindy B; Dalimunthe, Afifah Nida Suhailah Br; Ginting, Gevy Ketia; Badawi, Agil; Dalimunthe, Syairal Fahmy
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3957

Abstract

The rapid development of technology requires MSME Entrepreneurs to be more creative and innovative. Instagram is one of the Social Media that is widely used in promoting their products today. Like the @pukiskotabaru account which uses Instagram as a digital marketing tool. The purpose of this study is to determine the type of use of language varieties in video content on the @pukiskotabaru Instagram account and assess the effectiveness of the use of language varieties by the @pukiskotabaru Instagram account in attracting attention and influencing consumers. In this study, researchers used qualitative methods with data collection techniques then used content analysis techniques, where researchers collected several video content to find several interesting posts or videos in the process of digital marketing of their products. The results of this study indicate that the use of language varieties in the video content of the @pukiskotabaru Instagram account consists of spoken language varieties, written language varieties, and nonstandard language varieties, the use of persuasive written language varieties and strong visuals to attract consumer interest and the use of these language varieties has proven to be quite effective in attracting attention and influencing consumers.
Mengenal Peran Mahasiswa Kelompok Buluh Island UIB Dalam Mengawal Integritas Pemilu 2024 Ardhi, Ardhi; Kusnadi, Benedict Darrell; Vianto, Steven Valiant; Ramadhani, Nasywa Novianti; Tan, Angeline; Oktavia, Leony; Febriana, Helen; Siringoringo, Dina Grestiara Yohana; Maylani, Cika; Delon, Ryu; Jonathan, Vincent; Hansen, Vrans; Juliana, Mega; Ayunda, Ismi Balqista Ratu; Khelvin, Khelvin; Brandon, Brandon
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3576

Abstract

Artikel ini membahas peran aktif mahasiswa kelompok Buluh Island dari Universitas Internasional Batam (UIB) dalam mengawal integritas Pemilu 2024. Melalui partisipasi mereka sebagai pemantau partisipatif, mahasiswa ini berperan penting dalam memastikan transparansi, keadilan, dan akurasi dalam proses pemilihan umum. Selain itu, mereka juga terlibat dalam sosialisasi dan edukasi politik kepada masyarakat, serta kegiatan coklit bersama Bawaslu untuk memastikan keakuratan data pemilih. Dengan komitmen mereka terhadap demokrasi, mahasiswa kelompok Buluh Island UIB memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga keberlangsungan sistem demokrasi di Indonesia.
Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Jenis-Jenis Fosil Purbakala di SMPN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal Ruzzandy, Achya; Premana, Agyztia; Khamid, Abdul
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi pembelajaran menggunakan metode Augmented Reality (AR). peserta didik seringkali merasa malas membuka buku, karena materi disampaikan dengan cara yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam belajar. Salah satu sekolah yang belum mengoptimalkan pembelajaran dalam dunia teknologi adalah SMPN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menambahkan media pembelajaran terbaru tentang jenis-jenis fosil purbakala dengan menggunakan metode Augmented Reality. Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi (3D) dengan dunia nyata untuk digabungkan ke suatu media. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada siswa di SMPN 1 Dukuhturi, teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis fungsional dan non-fungsional serta metode pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Waterfall. Pengujian aplikasi ini menggunakan BlackBox testing untuk mengetahui bahwa semua fungsi aplikasi sangat sesuai. Hasil penelitian menunjukkan respon siswa terhadap metode pembelajaran dengan penuh antusiasme dan kegembiraan setelah menggunakan konsep pembelajaran dengan metode Augmented Reality, Sehingga minat siswa terhadap pembelajaran sejarah semakin meningkat.
Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Universitas Negeri Medan Simatupang, Selly Margaretha; Pamjaitan, Elizabeth Florentina; Simanjuntak, Putri
Journal of Citizen Research and Development Vol 1, No 2 (2024): November 2024
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/jcrd.v1i2.3925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia oleh mahasiswa Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 52 responden mahasiswa Universitas Negeri Medan. Analisis data dilakukan dengan cara analisis data deskriptif. Menurut hasil penelitian 44,2% dari 52 responden menunjukkan bahwa bahasa gaul mempengaruhi kemampuan dalam berbahasa indonesia itu netral, 30,8% dari 52 responden menunjukkan bahwa bahasa gaul itu dapat mempengaruhi kemampuan dalam berbahasa indonesia, 11,5% dari responden menunjukkan bahwa bahasa gaul sangat mempengaruhi kemampuan dalam berbahasa indonesia, 13,5% dari 52 responden menunjukkan bahwa bahasa gaul tidak mempengaruhi kemampuan dalam berbahasa indonesia.

Page 1 of 31 | Total Record : 305