Servicescape merupakan tempat dimana perusahaan dan pengguna jasa berinteraksi di dalam lingkungan fasilitas fisik yang dapat mempengaruhi pancaindra pengguna jasa. Selain untuk mempengaruhi pancaindra, fasilitias fisik juga digunakan untuk mempengaruhi konsumen agar senang dan memberikan nilai positif. Hal tersebut digunakan untuk upaya meningkatkan kepuasan kepada calon penumpang agar layanan yang diberikan tersampaikan sesuai yang diharapkan oleh ekpektasi pengguna jasa. Maka tujuan peniliti yaitu Mengetahui apakah Servicescape berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna di Bandar Udara Adisutjipto Pasca Peralihan serta Mengetahui tingkat Servicescape berpengaruh terhadap Kepuasan Pengguna di Bandar Udara Adisutjipto Pasca Peralihan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data yang digunakan dalam penilitian ini adalah hasil dari penyebaran kuesioner yang di sebarkan kepada penumpang di Bandar Udara Adisutjipto pada bulan April 2024 dengan jumlah 100 responden, teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Yang artinya Servicescape memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Adisutjipto Pasca Peralihan. Pada hasil uji T menunjukan, t hitung t tabel yaitu 7.329. 1,660 dan nilai signifikan 0,1 yaitu 0,064 0,1. Hasil uji koefisien determinasi (R2) yang menunjukan seberapa besar pengaruh variabel Servicescape (X) terhadap variabel kepuasan penumpang (Y) diketahui dengan nilai R Square sebesar 40,8% yang artinya variabel Servicescape mempengaruhi kepuasan penumpang sedangkan sisanya sebesar 59,2% yang artinya di pengaruhi oleh faktor lain ataupun variabel yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024