Journal of Citizen Research and Development
Vol 1, No 2 (2024): November 2024

Perilaku Konsumen Menurut Pandangan Ekonomi Islam

Wijayanti, Shalani (Unknown)
Saputri, Kamelia (Unknown)
Hendra K, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Banyaknya jenis dan ragam pilihan subsisten akan sangat menguntungkan konsumen. Konsumen lebih leluasa memilih sesuai kebutuhan sesuai keinginan. Konsumen dapat memilih mulai dari harga yang termurah hingga harga termahal. Tergantung anggaran (budget) dan keinginan konsumen. Namun seringkali konsumen bereaksi hingga berubah pikiran pada menit-menit terakhir untuk memutuskan melakukan pembelian. Di sini, perilaku konsumen menempati posisi penting dalam pengambilan keputusan. Perilaku merupakan aktivitas individu untuk mengevaluasi, memperoleh, menggunakan, atau serangkaian barang dan jasa. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor-faktor tersebut adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi pembeli. Dalam Islam terdapat perbedaan yang jelas, yaitu halal dan haram. Dengan kata lain, dalam suatu kegiatan perekonomian dilarang adanya pembauran antara halal dan haram. Hal ini merupakan bagian dari pembatasan konsumsi dalam perilaku konsumen umat Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcrd

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Education Medicine & Pharmacology

Description

JCRD Journal of Citizen Research and Development dengan nomor ISSN terdaftar 3048-2933 (Cetak - Print) dan 3048-2941 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JCRD Journal of Citizen Research and Development bertujuan untuk mempublikasikan ...