Berawal dari permasalahan yang sering terjadi pada aplikasi dsikusi yaitu komentar negatif. Komentar negatif umumnya berupa kata-kata yang mengganggu pemilik akun karena tidak berhubungan dengan latar belakang atau konteks percakapan. Komentar yang bersifat negatif dapat mengakibatkan mental dari pemilik akun terganggu karena komentar yang terlalu menyudutkan pemilik akun. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem yang dapat melakukan sebuah identifikasi komentar negatif pada aplikasi diskusi. Untuk mengidentifikasi komentar negatif menggunakan Sentiment Analysis dengan metode Support Vector Machine (SVM) dan menggunakan alat bantu perancangan sistem seperti Activity Diagram, ERD (Entity Relationship Diagram), Use Case Diagram, Laravel, MySQL dan Visual Studio Code. Data komentar yang dipakai pada penelitian ini diambil dari semua komentar yang ada dalam aplikasi diskusi. Pengujian yang dilakukan pada sistem menggunakan metode Black Box dan Usability. Dari hasil penelitian sistem berjalan sesuai yang diharapkan untuk membantu menangani adanya komentar negatif pada postingan judul topik dan komentar topik diskusi. Hasil pengujian yang menggunakan Black Box menghasilkan penjelasan bahwa sistem yang telah dibuat dapat berjalan sesuai fungsinya
Copyrights © 2024