Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitanbelajar di rumah siswa kelas VA SD Inpres Bungawaru, dengan menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah lima orang siswa di kelas VA SD Inpres Bungawaru yang mempunyai nilai rata-rata yang rendah dibandingkan teman-temannya yang lain. Objek penelitiannya bertempat di rumahke lima siswa kelas VA SD Inspres Bungawaru yang mempunyai nilai rata-rata yang rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab kesulitan belajar di rumah siswa kelas VA SD Inpres Bungawaru pada faktor internal adalah minat belajar di rumah kurang, para siswa memiliki kebiasaan belajar yang kurang, dan para siswa memiliki motivasi belajar yang kurang, sedangkan pada factor eksternal pada lingkungan keluarga adalah kurangnya perhatian orangtua akibat dari kesibukan kerja, lingkungan sosial yang terlalu ramai juga menjadi factor kesulitan belajar para siswa. Upaya yang dilakukan oleh pihak keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar di rumah adalah memberikan perhatian kepada anak, upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar adalah dengan menjelaskan secara lebih jelas ketika memberikan tugas, sehingga dalam mengerjakan tugas yang diberikan para siswa tidak merasa kesulitan lagi dalam memahami tugas yang diberikan tersebut.
Copyrights © 2024