cover
Contact Name
Hadi Kammis
Contact Email
manalor2022@gmail.com
Phone
+628214082008
Journal Mail Official
habibalhady5@gmail.com
Editorial Address
Jl. Imam Bonjol No. 5 Kalabahi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Madrasah
Published by MAN ALOR
ISSN : -     EISSN : 30637201     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Madrasah (JPM) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Alor sejak tahun 2023. JPM bertujuan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang pendidikan madrasah, khususnya yang berfokus pada pengembangan dan inovasi pendidikan di lingkungan madrasah. Jurnal ini menjadi wadah bagi para akademisi, peneliti, guru, dan praktisi pendidikan untuk berbagi temuan riset terbaru, solusi praktis, serta model pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan pendidikan madrasah di Indonesia. Sejak diterbitkan pertama kali, JPM berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui artikel-artikel yang berorientasi pada penelitian yang mendalam dan aplikatif. Topik yang dibahas meliputi berbagai aspek pendidikan di madrasah, seperti metode pembelajaran, evaluasi pendidikan, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, serta isu-isu kontemporer dalam pendidikan Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigaton Pada Materi Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 3 MAN Alor Kammis, Hadi
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 1 No 1. JPM (2023): Juli 2023
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/mfgv0k67

Abstract

Salah satu masalah pembelajaran yang dihadapi siswa adalah rendahnya tingkat keaktifan yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini menjadi alasan penelitian ini penulis lakukan untuk membantu menyelesaikan kendala pembelajaran yang dihadapi siswa kelas XII IPA 3 MAN Alor tahun pelajaran 2019/2020 dalam mempelajari materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 MAN Alor sebanyak 29 orang. Dua hal yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan belajar dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Kooperatif tipe Group Investigation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes tertulis, sedangkan sistem analisa data dilakukan dengan pendekatan deskripsi kualitatif yang berhubugan dengan aktifitas guru dan siswa. Terdapat dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, yaitu rata-rata keaktifan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar siswa (pencapaian nilai KKM >=78 ) harus mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian, hasil akhir dari tingkat keaktifan siswa mencapai nilai rata-rata kelas sebesar 75,86%, sedangkan rata-rata perolehan hasil belajar siswa mencapai 96,55%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara bagi siswa Kelas XII IPA 3 MAN Alor Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keaktifan belajar dan berdampak pada perolehan hasil belajar yang baik.
Penerapan Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking dan Student Well-Being Materi Expression of Offering Service/Help Siswa Kelas XII IPA Madrasah Aliyah Negeri Alor Apetatu, Moh. Farhan
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 1 No 1. JPM (2023): Juli 2023
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/dsbeaa69

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai bahasa Inggris, khususnya pada aspek keterampilan berbicara, siswa kurang berani, terkesan takut dan kurang percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris pada materi pokok expressing offering service/help dengan 2 (dua) siklus dengan mererapkan model direct instruction dan juga penelitian ini bermua kepada tingkat kesejahteraan siswa (student well-being) dalam aspek kepuasan menerima ilmu pengetahuan.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 2020, bertempat di kelas XII IPA 3 MAN Alor Tahun pelajaran 2020/2021.  Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan siswa, daftar nilai, lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan  model pembelajaran langsung (direct instruction) terjadi suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berkualitas lebih baik  sehingga  kemampuan  siswa meningkat, yaitu dari hasil siklus I ke Siklus II terdapat  peningkatan, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas adalah 4  siswa dari 21 siswa yang ada  atau 19.04 %, sedangkan  pada  siklus 2  terjadi  peningkatan nilai tuntas yaitu  menjadi 17 dari 21 siswa atau 81,66 % terjadi  peningkatan 50% dan aspek student well being didapatkan data wawancara sebagian siswa yang menyatakan tingginya tingkat kepuasan dalam proses belajar percakapan bahasa inggris, dapat Disimpulkan bahwa model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan kemampuan berbicara (hasil belajar) bahasa Inggris dan meningkatnya kesejahteraan siswa.
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Saat Belajar di Sekolah Dengan Saat Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Siswa Kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020 Likur, Fadhillah; Tupong, Wati; R.S, Abdullah
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 1 No 1. JPM (2023): Juli 2023
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/pnkjz127

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar siswa saat belajar di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana siswa kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar saat di sekolah dengan saat di rumah serta apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan sederhana kelas III SD Inpres Umapura. Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Menghitung uji normalitas melalui uji Shapiro wilk dengan bantuan software SPSS 22 T hit (0,22) < t α; df (29,566) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa saat di sekolah dengan saat belajar di rumah pada mata pelajaran matematika kelas III SD Inpres Umapura Tahun Pelajaran 2019/2020
Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Pada Pelajaran Matematika Materi Segi Empat Dolu, Mukhlis; Istiqamah
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 1 No 1. JPM (2023): Juli 2023
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/qy1xeb77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperaif tipe STAD terhadap peningkatan hasil belajar Matematika tentang materi Segi empat siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kecamatan Pantar Timur Kabupaten Alor tahun pelajaran 2019 / 2020.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pembelajaran Kooperatif tipe STAD hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa Kabupaten Alor. ” pelajaran 2019 / 2020 dapat ditingkatkan?” Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttes group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satap Nusa sebanyak 12 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik Statistik Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Segiempat mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar rata-rata siswa pada tiap siklusnya. Peningkatan hasi belajar rata-rata siswa pada siklus I sebesar 13,23 dari kondisi awal 61,25 meningkat menjadi 74,58 dan pada siklus II meningkat sebesar 15,67 dari 74,58 pada siklus I menjadi 86,25. Tingkat ketuntasan pada kondisi awal adalah 25,00%, pada siklus I menjadi 58,33%; dan pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 100%. Dengan demikian tingkat ketuntasan dari siklus I ke siklus II naik 41,67%.  
Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi BelajarSiswa Kelas VI MIN 6 Alor Djaku, Ismunardi; Biat, Ismail Tamal
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 1 No 1. JPM (2023): Juli 2023
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/c58ccd93

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di MIN 6 Alor. Perhatian Orang Tua merupakan pendidikan awal yang diterima anak dalam lingkungan keluarga. Anak tumbuh dan berkembang dalam asuhan orang tuanya. Membentuk kepribadian adalah sebuah penanaman modal manusia untuk masa depan, membekali generasi mudah dengan budi pekerti yang luhur dan kepribadian yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan adanya Perhatian orang tua akan mendorong anak agar mandiri seperti: 1) memberikan keterampilan dalam mengurus diri sendiri. 2) membiarkan anak untuk mengerjakan tugas sendiri tanpa bantuan orang tua. 3) membuat pembiasaan yang positif. 4) bertanggung jawab atas pilihannya sendiri. 5) memberi kebebasan kepada anak memilih. Hal ini akan memberikan wawasan kepada anak agar selalu bersikap mandiri.
Peran Guru Dan Diskursus Moderasi Beragama Apetatu, Moh. Farhan
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/45q00789

Abstract

Religious moderation is the answer to all issues of conflict based on differences in ethnicity, religion and belief. Moderation is very important to learn in order to create a lasting peace. Moderation habituation must start from an early age, starting from school starting with children, starting from school, of course with the help and guidance of educators or teachers. The purpose of this study was to find out how the role of teachers in instilling the values ​​of religious moderation. This research uses library study method. The conclusion obtained from this scientific paper is that the role of the teacher attached to his duties and functions can be realized in an effort to develop a culture of moderation in students. The teacher as a supervisor is able to provide space to guide students in the learning process by interpreting the values ​​of moderation. The teacher as a model and example can be an example for students, especially in finding a person who applies a moderate life. The teacher becomes a useful facilitator to facilitate students in the learning process and practice which shows the sides of moderation. The role of the teacher is very important for the continuity of moderation, especially for students
Efektivitas Model Pembelajaran Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Matematika Peminatan (Studi Kasus Peserta Didik Kelas XII IPA MAN Alor) Lang Ere, Rahmatia
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/td0s8y59

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the Discovery Learning model on Mathematics Specialization learning outcomes. The population of this research was 171 students of Madrasah Aliyah Negeri Alor Class XII Science for the 2023/2024 academic year. The research sample was Class XII IPA 2 as the experimental class and Class XII IPA 3 as the control class. This research design uses a pretest-posttest control group design. Data was collected through a written test with questions in the form of descriptions. Data were analyzed using the N-Gain Score Test which was preceded by the Normality Test and Difference Test. The research results show that the Discovery Learning model is quite effective in improving the learning outcomes of Class XII IPA MAN Alor students for the 2023/2024 academic year.
Penerapan Metode Whole Language Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Kelas IV Uptd SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Tahun Pelajaran 2023-2024 Kammis, Hadi; M. Abdullah, Munandar
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/312q2r96

Abstract

Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui pendekatan whole language di kelas IV UPTD SD Negeri Bana Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatarbelakangi fakta pentingnya memiliki kemampuan membaca dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan membaca merupakan dasar bagi seseorang untuk menguasai berbagai bidang studi yang dikajinya. Oleh sebab itu penting bagi guru untuk mengupayakan peningkatan kemampuan membaca siswa. Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Bana Kecamatan Pantar Kabupaten Alor Tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari John Elliot dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan dan dekumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan persentase hasil pemantau kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran mencapai 30% dan meningkat pada siklus II menjadi 80% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat skor. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam proaea pembelajaran dapat ditingkatkan melalui pendekatan Whole language.
Kalimat Aktif Dalam Bahasa Adang di Desa Lewalu Kecamatan Alor Barat Laut Kabupaten Alor Salamah, Sofia
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/73xbv285

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan bahasa tidak hanya mengerti dan memahami saja setiap kalimat yang ditulis atau ujaran yang disampaikan tetapi juga harus diketahui kaidah penggunaan bahasa yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontruksi dan tipe kalimat aktif dalam bahasa Adang, mengidentifikasi ciri kalimat aktif dalam Bahasa Adang. Penelitian ini menggunakan kajian sintaksis. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat konstruksi kalimat aktif dalam bahasa Adang walaupun letak strutur dalam kalimat tidak sesuai pola yang sebenarnya. Ada tiga tipe kalimat aktif dalam Bahasa Adang yaitu kalimat aktif intransitif, kalimat aktif ekatransitif, dan kalimat aktif dwitransitif. Kalimat yang dimaksud di sini adalah kalimat sederhana. Ciri-ciri kalimat aktif dalam bahasa Adang yaitu subjeknya selalu berada di depan, letak objek terkadang lebih dahulu daripada predikat, setiap verba selalu berada di belakang.  
Analisis Deskriptif Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Di Rumah Siswa Kelas VA SD Inpres Bungawaru Kecamatan Teluk Mutiara Kabupaten Alor Prasong, Muthiah; Asadulloh, Dwirezi
Jurnal Pendidikan Madrasah Vol 2 No 1. JPM (2024): Juli 2024
Publisher : MAN Alor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12220/741rrr66

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitanbelajar di rumah siswa kelas VA SD Inpres Bungawaru, dengan menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitiannya adalah lima orang siswa di kelas VA SD Inpres Bungawaru yang mempunyai nilai rata-rata yang rendah dibandingkan teman-temannya yang lain. Objek penelitiannya bertempat di rumahke lima siswa kelas VA SD Inspres Bungawaru yang mempunyai nilai rata-rata yang rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyebab kesulitan belajar di rumah siswa kelas VA SD Inpres Bungawaru pada faktor internal adalah minat belajar di rumah kurang, para siswa memiliki kebiasaan belajar yang kurang, dan para siswa memiliki motivasi belajar yang kurang, sedangkan pada factor eksternal pada lingkungan keluarga adalah kurangnya perhatian orangtua akibat dari kesibukan kerja, lingkungan sosial yang terlalu ramai juga menjadi factor kesulitan belajar para siswa. Upaya yang dilakukan oleh pihak keluarga dalam mengatasi kesulitan belajar di rumah adalah memberikan perhatian kepada anak, upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi kesulitan belajar adalah dengan menjelaskan secara lebih jelas ketika memberikan tugas, sehingga dalam mengerjakan tugas yang diberikan para siswa tidak merasa kesulitan lagi dalam memahami tugas yang diberikan tersebut.

Page 1 of 2 | Total Record : 11