Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 5 Nomor 2, September 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning Terintegrasi STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar

Verna Kantri Florida Zendrato (Universitas Nias)
Siwa Novelis Lase (Universitas Nias)
Winner Mastirani Dohona (Universitas Nias)
Sonnia Tentri Yanti Gea (Universitas Nias)
Erlis Ventri Nosaria Gulo (Universitas Nias)
Alfinis Telaumbanua (Universitas Nias)
Angel Novliani Humendru (Universitas Nias)
Elevata Juniman Jaya Gulo (Universitas Nias)
Edward Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning Terintegrasi STEM dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Banyaknya peserta didik sekolah dasar yang memiliki kemampuan literasi sains yang rendah, menjadi alasan pemilihan topik ini. Literasi sains menjadi sangat penting di abad ke-21, peserta didik diharapkan berhasil dalam dunia yang semakin didorong oleh kemajuan teknologi. Hipotesis yang digunakan adalah hipotesis komparatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini mengemukakan bagaimana model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM menjadi pilihan yang tepat dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. Hasil hipotesis penelitian menunjukkan nilai Sig. < 0,05 maka hipotesis alternatif diterima, dengan demikian model PjBL terintegrasi STEM menjadi model pembelajaran yang tepat untuk diterapkan oleh guru dalam meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...