Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
JRPD Volume 5 Nomor 1, Maret 2024

Analisis Kesiapan Belajar Siswa pada Pembelajaran Perdiferensiasi

Erwin Winaryati Dyah Ristanti Ari Juari (Universitas Negeri Semarang)
Nursiwi Nugraheni (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan ini memiliki tujuan guna mendapatkan gambaran terkait kesiapan belajar peserta didik kelas II SDN Pesantren. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini digunakan dalam menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat untuk digunakan secara menyeluruh dalam muatan pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan mempergunakan metode deskriptif kualitatif, mempergunakan teknik pengumpulan data angket, wawancara, serta observasi bersama guru kelas. Pada riset ini peneliti memakai subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas II SDN Pesantren. Perolehan hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar merupakan keadaan individu yang menyeluruh sehingga seseorang siap untuk memberikan tanggapan ataupun jawaban dalam situasi tertentu dalam hal ini adalah kesiapan belajar. Pada riset ini terbukti bahwa kesiapan belajar peserta didik menunjukkan 78,94% yang termasuk dalam kriteria tinggi, hasil kesiapan belajar tersebut dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi terbukti memberikan pengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran yang mengarah pada tercapainya capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum ...