Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kesiapan belajar peserta didik kelas III SD Negeri Pesantren. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian ini digunakan untuk menentukan aspek strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat, agar dapat digunakan secara menyeluruh dalam muatan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode desktriptis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan observasi bersama guru kelas. Pada riset ini peneliti memakai subjek penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas III SDN Pesantren. Perolehan hasil dari riset ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar merupakan keadaan individu yang menyeluruh sehingga seseorang siap untuk memberikan tanggapan ataupun jawaban dalam situasi tertentu dalamĀ hal ini adalah kesiapan belajar. Pada riset ini terbukti bahwa kesiapan belajar peserta didik menunjukkan 71,4% yang termasuk dalam kriteria tinggi, hasil kesiapan belajar tersebut dijadikan landasan dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan 4 aspek berdiferensiasi. Implementasi yang mengarah pada tercapainya tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2024