Penelitian ini mengevaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada mata kuliah Pendidikan Bahasa Inggris di SDN Pepelegi II, dengan fokus pada efektivitas dan dampaknya terhadap kompetensi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana program ini meningkatkan keterampilan pedagogis dan profesional mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program MBKM berhasil meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa serta motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan akses internet di kalangan siswa. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan tentang implementasi efektif program MBKM dan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut. This research evaluates the Independent Campus Learning Program (MBKM) in English Language Education courses at SDN Pepelegi II, with a focus on its effectiveness and impact on student competency. The aim of this research is to assess the extent to which the program improves students' pedagogical and professional skills. The research method used is a case study with a qualitative approach, collecting data through observation, interviews and documentation. The research results showed that the MBKM program was successful in improving students' teaching abilities as well as students' motivation and understanding of the subject matter. The main obstacle faced is limited internet access among students. The contribution of this research is to provide insight into the effective implementation of the MBKM program and recommendations for further development.
Copyrights © 2024