Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 19 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Meningkatkan Hasil Belajar Pukulan Smash Tenis Meja Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 27 Maluku Tengah

Jamlean, Inggar Pradata Sari (Unknown)
Solissa, Jonas Ode (Unknown)
Souisa, Mieke (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pukulan smash tenis meja pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah sebanyak 24 orang.Setelah melakukan pengolahan dan analisis data didapatkan hasil siklus I berdasarkan table hasil belajar siklus I di atas, terdapat 13 orang siswa yang telah tuntas atau 51%. Sedangkan 11 orang siswa belum tuntas atau 49%. Siklus II berdasarkan table rekapitulasi ketuntasan belajar siswa pada siklus II diatas terdapat 24 orang siswa yang tuntas atau (100%) dan tidak terdapat siswa yang tidak tuntas atau(0%). Dari hasil analisis dan penghitungan data, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran pukulan smash tenis meja dapat meningkatkan hasil belajar pukulan smash pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...