Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pukulan smash tenis meja pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah sebanyak 24 orang.Setelah melakukan pengolahan dan analisis data didapatkan hasil siklus I berdasarkan table hasil belajar siklus I di atas, terdapat 13 orang siswa yang telah tuntas atau 51%. Sedangkan 11 orang siswa belum tuntas atau 49%. Siklus II berdasarkan table rekapitulasi ketuntasan belajar siswa pada siklus II diatas terdapat 24 orang siswa yang tuntas atau (100%) dan tidak terdapat siswa yang tidak tuntas atau(0%). Dari hasil analisis dan penghitungan data, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pembelajaran pukulan smash tenis meja dapat meningkatkan hasil belajar pukulan smash pada siswa kelas X SMA Negeri 27 Maluku Tengah
Copyrights © 2024