Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (2) faktor penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 7 Kupang. Jenis penelitian mengunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sosiologi, wali kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitians ini menunjukan bahwa, (1) peran guru sebagai guru sebagai pengelola kelas (guru diharapkan mampu mengelola seluruh kegiatan belajar mengajar dan menciptakan kondisi belajar yang dapat membuat siswa belajar lebih efektif dan efisien), guru sebagai pembimbing (guru harus mampu menangani setiap masalah atau hambatan yang menyebabkan siswa kurang aktif dan fokus selama proses belajar mengajar) guru sebagai motivator (guru harus mampu membangkitkan semangat belajar siswa dan memberikan apresiasi yang lebih kepada siswa) guru sebagai evaluator (guru harus mampu memantau setiap perkembangan hasil belajar siswa secara keseluruhan dan membuat rangkuman guna menigkatkan kompetensi siswa) (2) faktor penghambat peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: Siswa merasa jenuh(metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan saat mengikuti pelajaran), teman bergaul yang tidak baik (Teman bergaul yang tidak baik seperti teman yang menggunakan bahasa kotor dan gaya hidup yang tidak baik), dan lingkungan keluarga, (Keluarga yang tidak harmonis akan memberi dampak negatif terhadap psikologi anak, guru sudah berusaha namun dalam pelaksanannya kurang berhasil).
Copyrights © 2023