Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan mendalami peran kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri Weluli, (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri Weluli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diantaranya, tahap pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kepala sekolah di SMA Negeri Weluli sudah melaksanakan perannya dengan baik, (2) Peran kepala sekolah di SMA Negeri weluli dalam membentuk karakter siswa sudah bagus, yaitu dengan mendisiplinkan dirinya sendiri, yaitu dari keteladanan kepala sekolah, seperti arahan dari kepala sekolah dan pembinaan yang dijalankan kepala sekolah terhadap guru dan peserta didik. (3) faktor pendukung peran kepala sekolah di SMA Negeri Weluli adalah adanya pengontrolan atau pengawasan dari semua guru dan orang tua, adanya dukungan dari masyarakat sekitar sekolah, dan adanya kesadaran dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor faktor penghambat peran kepala sekolah adalah kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023