Buffer Informatika
Vol. 10 No. 1 (2024): Buffer Informatika

Implementasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Siklus Air Menggunakan Metode Kirsch

Riki Yanto (Universitas Kuningan)
Tito Sugiharto (Universitas kuningan)
Rio Priantama (Universitas kuningan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Belajar juga dapat dipandang sebagai sebuah proses perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan dan meniru. Namun dalam pembelajaran khususnya tentang siklus air terdapat kendala yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan karena kurangnya visualisasi yang jelas. Media pembelajaran yang hanya dilakukan melalui buku, tidak mampu menujukan perubahan kondisi secara real-timeterhadap proses siklus air yang melibatkan proses yang cukup kompleks. Oleh karena itu media pembelajaran yang lebih interaktif dibutuhkan supaya siswa bisa lebih mudah untuk memahami materi pelajaran khususnya tentang proses siklus air. Salah satu media pembelajaran interaktif yang cocok untuk masalah ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan menggunakan metodekirsch untuk membantu mendeteksi marker.Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode RUP(Rational Unified Process) dan perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Berdasarkan hasil UAT bahwa Aplikasi Augmented RealityPada Pembelaharan Siklus Air menggunakan metode kirsch dapat digunakan sebagai media untuk membantu belajar siswa kelas v dengan nilai persentase sebesar 87%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

buffer

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

BUFFER INFORMATIKA is an official scientific journal published and managed by Department of Informatics Engineering, Faculty of Computer Science, University of Kuningan, Indonesia. Buffer Informatika is a peer-reviewed journal on Software Engineering covering all branches of IT and sub-disciplines ...