Kesuksesan dalam melakukan promosi tidak hanya bergantung pada banyaknya pengikut, tetapi lebih pada perencanaan, memilih elemen kreatif dan momentum yang diperhitungkan dalam pembuatan konten promosi. Saat ini promosi di Instagram meliputi penjualan produk-produk kebutuhan sehari-hari, promosi tempat pariwisata, hotel, bahkan promosi Lembaga Pendidikan atau sekolah. Pada aktifitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini, tim ingin melihat apa saja upaya yang sudah dilakukan dan kendala yang dihadapi dalam mengoptimalisasi konten media sosial Instagram di Sekolah. Sekolah yang dipilih adalah Sekolah Menengah Kejuruan Putra Pertiwi di Kawasan Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan. SMK ini relatif baru dan memerlukan pemasaran yang agresif untuk terus menjaring siswa didik. Melalui kegiatan yang meliputi penyuluhan, studi kasus dan pemutaran video serta tanya jawab. Melalui PKM ini, kami berhasil mengoptimalkan konten media sosial Instagram SMK Putra Pertiwi dalam konteks komunikasi pemasaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan dalam interaksi pengikut dan partisipasi siswa, memberikan kontribusi positif terhadap citra dan identitas sekolah. Rekomendasi yang diajukan dapat menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam upaya meningkatkan komunikasi pemasaran melalui media sosial di lingkungan pendidikan, diantaranya diperlukanpeningkatan dalam pelatihan konsep-konsep pemasaran digital dan strategi yang lebih canggih dalam pengelolaan konten media sosial; menjalin kerja sama dengan pihak eksternal untuk mendapatkan pandangan dan keterampilan tambahan dalam optimalisasi konten media sosial; dan menjalankan evaluasi berkala terhadap strategi yang diimplementasikan untuk memastikan keberlanjutan dan ketahanan terhadap perubahan dalam tren media sosial.
Copyrights © 2024