cover
Contact Name
Aulia Metha Utami
Contact Email
aramuby@gmail.com
Phone
+6282122368131
Journal Mail Official
aramuby@gmail.com
Editorial Address
UNPAM VICTOR Lantai 6, Jl. Raya Puspitek, Buaran, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Pamulang
ISSN : -     EISSN : 30465273     DOI : -
Focus Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi (COMMs) bertujuan untuk menyediakan wadah bagi peneliti di bidang Komunikasi untuk mempublikasikan artikel asli dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Scope Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi (COMMs) Meliputi organisasi, Sosial dan Budaya, TIK, Bisnis, Digital, Pemasaran, Jurnalistik, Penyiaran, Humas.
Articles 57 Documents
SOSIALISASI FENOMENA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL BAGI GENERASI MILENIAL DI SMK PUTRA PERTIWI PONDOK CABE - KOTA TANGERANG SELATAN Rini Dianti Fauziah; Sewaka Sewaka; Katry Anggraini
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini berdampak salah satunya terhadap perkembangan teknologi akses komunikasi. Kemajuan teknologi ini sangat membantu mencari dan mendapatkan ilmu dengan cepat dan belajar pun bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja dengan bantuan alat komunikasi yang canggih. Kemajuan teknologi komunikasi tersebut memberikan kemudahan bagi manusia untuk bersosialisasi antar satu sama lain. Kemudahan tersebut ditawarkan melalui munculnya banyak media sosial yang dapat digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia untuk saling berinteraksi. Lebih dari itu, masyarakat banyak yang mengakses media sosial hanya untuk sekedar mencari hiburan. Menghadapi gejala banjirnya informasi melalui media sosial tersebut yang dikhawatirkan akan berdampak terhadap sikap perilaku berbahasa masyarakat yang tidak diharapkan. Generasi millennial sangatlah mahir dalam menggunakan teknologi berbasis internet. Sebagaimana yang diketahui, saat ini akses komunikasi semakin maju dengan pesat. Adanya teknologi digital ini membuat kita semua yang terhubung ke sosial media yang lama-kelamaan menjadi candu bagi para remaja di generasi Z maupun generasi millennial. Kecanduan ini membuat mereka betah berlama-lama membuka sosial media melalui smartphone ataupun tablet. Sosial media yang sering digunakan remaja saat ini antara lain adalah Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan lain-lain. Sosialisasi Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini memberikan edukasi penggunaan media sosial dengan mengamati dari gejala bahasa yang muncul. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa setelah diberikan simulasi dan pemaparan materi lebih dapat memahami dan membedakan antara berita bohong dan berita benarKata kunci: Sosialisasi, Media Sosial, Generasi Millenial, dan Siswa
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI CERDAS SEBAGAI LIFE SKILL DI ERA SOCIETY 5.0 PADA MASYARAKAT KELURAHAN PONDOK BENDA RW 03 RT 02 KECAMATAN PAMULANG Dedek Kumara; Ahmad Dimyati
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi terlebih di era 5.0 saat ini sehingga tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya masyarakat. Tuntutan global menuntut dunia untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap kehidupan social masyarakat. Teknologi informasi dapat dikatakan perkembangan sistem informasi dengan menggabungkan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi. Oleh karena itu, di Era 5.0, penting untuk mengatasi permasalahan komunikasi ini melalui pendekatan yang cermat dan terencana. Pendidikan digital yang inklusif, kebijakan privasi yang kuat, dan pengembangan teknologi yang mempertimbangkan aspek kemanusiaan adalah beberapa langkah yang penting untuk memastikan bahwa keterhubungan ini menguntungkan semua pihak dan tidak meninggalkan siapa pun di belakang. Komunikasi dan manusia merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Tidak ada manusia yang tidak berkomunikasi, dan komunikasi pun tidak akan dapat berkembang tanpa adanya manusia. Dengan demikian antara keduanya saling terkait. Dalam prakteknya komunikasi dilakukan dalam berbagai bentuk dan sifat. Secara umum bentuk komunikasi ada tiga, yaitu komunikasi antar individu (interpersonal communication), komunikasi kelompok (group communication) dan komunikasi massa (mass communication). Sedangkan sifat komunikasi diantaranya seperti tatap muka (face to face), verbal dan non verbal, serta bermedia. Sedangkan hambatan yang dihadapi Kelurahan Pondok Benda RW03 RT02 adalah terkait dengan sumber daya manusia (SDM) dan pemahaman terkait komunikasi di era 5.0, di mana banyak masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengetahuan teknologi. Hasil yang diperoleh adalah bertambahnya wawasan dan pengetahuan peserta dalam penggunaan kecerdasan kemampuan komunikasi melalui teknologi komunikasi terkini dan sekaligus sebagai ketrampilan yang bisa digunakan dalam usaha UKM bagi peserta.Kata kunci: Komunikasi, Kecakapan Hidup, Masyarakat 5.0.
OPTIMALISASI KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN SMK PUTRA PERTIWI Muhamad Yopi; Gina Fauziah; Atika Suri
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kesuksesan dalam melakukan promosi tidak hanya bergantung pada banyaknya pengikut, tetapi lebih pada perencanaan, memilih elemen kreatif dan momentum yang diperhitungkan dalam pembuatan konten promosi. Saat ini promosi di Instagram meliputi penjualan produk-produk kebutuhan sehari-hari, promosi tempat pariwisata, hotel, bahkan promosi Lembaga Pendidikan atau sekolah. Pada aktifitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kali ini, tim ingin melihat apa saja upaya yang sudah dilakukan dan kendala yang dihadapi dalam mengoptimalisasi konten media sosial Instagram di Sekolah. Sekolah yang dipilih adalah Sekolah Menengah Kejuruan Putra Pertiwi di Kawasan Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan. SMK ini relatif baru dan memerlukan pemasaran yang agresif untuk terus menjaring siswa didik. Melalui kegiatan yang meliputi penyuluhan, studi kasus dan pemutaran video serta tanya jawab. Melalui PKM ini, kami berhasil mengoptimalkan konten media sosial Instagram SMK Putra Pertiwi dalam konteks komunikasi pemasaran. Hasilnya menunjukkan peningkatan dalam interaksi pengikut dan partisipasi siswa, memberikan kontribusi positif terhadap citra dan identitas sekolah. Rekomendasi yang diajukan dapat menjadi dasar untuk pengembangan lebih lanjut dalam upaya meningkatkan komunikasi pemasaran melalui media sosial di lingkungan pendidikan, diantaranya diperlukanpeningkatan dalam pelatihan konsep-konsep pemasaran digital dan strategi yang lebih canggih dalam pengelolaan konten media sosial; menjalin kerja sama dengan pihak eksternal untuk mendapatkan pandangan dan keterampilan tambahan dalam optimalisasi konten media sosial; dan menjalankan evaluasi berkala terhadap strategi yang diimplementasikan untuk memastikan keberlanjutan dan ketahanan terhadap perubahan dalam tren media sosial.
Pemanfaatan Digital Media Komunikasi Melalui Aplikasi TikTok Sebagai Sarana Pemasaran Online pada Masyarakat di Kelurahan Pondok Benda RT 02 RW 03 Mutmainnah; Sheila Ardilla Yughi; Warman
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, banyak perusahaan menggunakan strategi pemasaran online dalam mengembangkan usahanya. Pemasaran online sendiri dapat dimaknai sebagai kegiatan mempromosikan barang atau jasa melalui internet. Strategi pemasaran online kini lebih diminati pelaku bisnis karena menawarkan banyak manfaat serta keunggulan dibandingkan pemasaran konvensional. Salah satu strategi pemasaran online adalah menggunakan media sosial. Peningkatan penggunaan media sosial dari tahun ke tahun semakin bertambah pesat. Pernyataan tersebut menjadi alasan mengapa media sosial kini menjadi media pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk kepada target pasar luas. TikTok sebagai salah satu media sosial dapat menjadi solusi sebagai sarana dalam pemasaran online melalui pembuatan konten. Dengan pelatihan ini, diharapkan masyarakat khususnya bagi yang sudah memiliki usaha memiliki keterampilan dan wawasan dalam memanfaatkan media TikTok sebagai sarana pemasaran online serta memiliki minat berwirausaha secara online. Lebih jauh masyarakat khususnya yang sudah memiliki usaha offline memiliki keinginan untuk memulai usahanya secara online. Kemampuan yang diperoleh ini dirasakan sangat bermanfaat. TikTok sebagai salah satu platform media sosial dapat menjadi sarana untuk berbagi informasi, juga merupakan model yang dapat digunakan untuk saling memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produk mereka. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan dengan menggunakan metode seminar, pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Okktober 2023 bertempat di Jl. Kesadaran No.61 RT 2 RW, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan. Peserta pelatihan dan pendampingan adalah masyarakat dan pelaku usaha di Kelurahan Pondok Benda.
Etika Komunikasi dalam Bersosial Media di Kalangan Pelajar SMK Putra Pertiwi, Pondok Cabe, Tangerang Selatan Cucu Sulastri; Ela Hulasoh; Widayat
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era digital saat ini, yang didukung oleh kehadiran media sosial, telah mengubah perilaku dan sikap pengguna secara signifikan. Media sosial memfasilitasi penyebaran informasi secara cepat dan luas, tetapi kebebasan dalam penggunaannya memerlukan tanggung jawab etis. Meskipun pengguna media sosial di Indonesia mencapai 68,9% populasi, penelitian menunjukkan bahwa sebagian dari mereka kurang mempertimbangkan tanggung jawab moral dan etika. Hasil riset dari We Are Social Hoot Suite menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta jiwa. Meskipun demikian, survei Microsoft menempatkan Indonesia di peringkat ke-29 dari 32 negara Asia Tenggara dalam hal tingkat kesopanan pengguna media sosial. Aktivitas negatif seperti ujaran kebencian, penyebaran berita palsu, perundungan, dan shaming sering dilakukan tanpa mempertimbangkan konsekuensi hukum, meskipun UU ITE sudah jelas mengatur hal tersebut. Hampir setiap komunikasi di media sosial memerlukan etika, dan konsekuensi dari tindakan komunikasi tersebut menuntut tingkat etis yang lebih tinggi. Ini memicu tuntutan etika di profesi komunikasi, orang tua, pemerintah, influencer, dan akademisi. Untuk memenuhi kebutuhan ini dan sebagai upaya untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan wawasan dengan siswa tingkat lanjutan, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang, melalui Program Studi Ilmu Komunikasi, melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa pelatihan di SMK Putra Pertiwi Pondok Cabe, dengan target sasaran peserta para siswa kelas X jurusan Multimedia. Lokasi kegiatan berada di Jalan Raya Pondok Cabe No. 57, Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan dilakukan secara interaktif, diawali dengan melakukan sosialisasi dan penyadaran tentang pentingnya menerapkan etika berkomunikasi di media sosial. Proses sosialisasi pengetahuan melibatkan aspek etika komunikasi, konsekuensi mengabaikan etika, dan pemahaman tentang UU ITE sebagai payung hukum. Diharapkan agar siswa-siswi SMK Putra Pertiwi memiliki kesadaran tinggi, bertanggung jawab, dan bijak dalam menggunakan media sosial, serta memahami konsekuensi logis dari perilaku mereka di dunia daring.
Penggunaan Komunikasi Digital Sebagai Kekuatan Branding dan Re- Branding Bagi UKM Di RT 02 RW 03 Kelurahan Pondok Benda Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan Arif Siaha Widodo; Surti Wardani; Armansyah
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan perangkat digital dapat membantu pelaku UKM guna meningkatkan aktifitas pemasaran dan penjualan pada Branding dan Re-branding produk. Aktifitas tersebut merupakan bentuk komunikasi digital, yaitu proses menyampaikan pesan ataupun informasi dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan media digital. Komunikasi digital memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kemudahan, serta daya tarik pesan yang jauh lebih unggul dengan beragam fitur teknologi yang memungkinkan pesan dikemas dan disampaikan dengan cara-cara yang unik dan menarik. Pelaku UKM di lingkungan RT 02 RW 03, masih menggunakan konsep pemasaran secara tradisional dan belum memaksimalkan penggunaan perangkat digital yang dimiliki, seperti telepon genggam dan laptop. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut dan sebagai bentuk berbagi pengalaman, pengetahuan serta wawasan kepada para pelaku UKM tersebut, maka tim dosen Program Studi Manajemen S-1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang, melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan. Target sasaran peserta adalah pelaku UKM yang berada di lokasi RT 02 RW 03, Kelurahan Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Metode kegiatan dalam bentuk pelatihan dilakukan secara interaktif, diawali dengan pemaparan materi mengenai branding dan re-branding produk, diikuti tanya jawab dan diakhiri dengan praktek langsung oleh peserta, seperti penggunaan telepon genggam dan pengambilan gambar melalui kamera ponsel, sebagai bagian kegiatan branding atau pun re-branding produk UKM. Peserta memperoleh tambahan pengetahuan secara akademis, wawasan, dan ketrampilan penggunaan perangkat digital yang ada. Secara khusus peserta dapat mem-branding produknya lebih baik dan secara umum peserta akan membantu peningkatan pemasaran dan penjualan produk UKM, dan ikut serta menikmati kemajuan teknologi informasi dan komunikasi bagi perekonomian masyarakat.
Era Digital Marketing 5.0 Bagi Pelaku Usaha Umkm Di Kelurahan Rengas Ciputat Timur, Tangerang Selatan Fadillah; Hira Maulida; Jamaluddin
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Digital marketing merupakan suatu bentuk program mempromosikan atau memasarkan sebuah produk dan merk dengan menggunakan media digital. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan juga pengguna internet sehingga internet menjadi sebuah market yang sangat prospektif. Digital marketing merupakan solusi untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dengan dana yang sedikit. Kehadiran teknologi saat ini merupakan peluang bagi para siswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dengan gadget yang dimiliki akan menjadi pemasaran yang paling ampuh dalam menggapai pangsa pasar konsumen yang lebih luas. Oleh Karena itu berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahuai seberapa pengaruhnya terhadap minat berwirausaha karena pengetahuan digital marketing (Istiqomah, 2021). Bekal yang di dapat oleh pelaku usaha UMKM selama proses pelatihan digital marketing diharapkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha. Sehingga, pelaku usaha lebih mandiri dan mampu menghadapi para pesaing di masa depan. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan dari tahun ke tahun, hingga telah mencapai lebih dari 130 juta pengguna di tahun 2017, yang didominasi oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada desktop pc. Pelatihan digital marketing membantu pelaku usaha untuk memahami implementasi digital marketing yang paling efektif dan efisien atau selaras dengan tujuan bisnis yang diharapkan. Digital marketing tidak lagi menjadi sesuatu yang membingungkan, karena semua yang dilakukan dapat dijalankan sendiri dan diukur kinerjanya. Dari hasil analisa tersebut, para pelaku usaha yang mengikuti pelatihan digital marketing dapat belajar untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam berwirausaha. Metode kegiatan yang akan dilakukan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Ceramah dan Diskusi yang disampaikan Oleh Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pamulang, dan memberikan pemahaman kepada Masyarakat dan Mahasiswa atas pentingnya digital marketing 5.0 bagi pelaku usaha UMKM. Dengan adanya penyampaian materi ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat luas.
MEMBANGUN ETIKA SOSIAL PADA ERA PANDEMI DI YAYASAN TUNAS INSAN MULIA SAWANGAN – DEPOK Agnes Bessie; Etin Solihatin; Mahesa Agriya Putra; Meriana Lette; Nurul Maulidia Hakim
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Etika menjadi kebutuhan penting bagi semua profesi yang ada agar tidak melakukan tindakan yang menyimpang hukum. Etika merupakan nilai-nilai hidup dan norma - norma serta hukum yang mengatur perilaku manusia. Etika juga memeriksa dan menguji secara kritis apa yang baik dan buruk dari suatu tindakan yang dirumuskan dalam prinsip-prinsip etis. Etika mempertanyakan dasar di balik suatu prinsip moral. Dengan demikian, etika mempertanyakan mengapa oleh suatu prinsip etis tertentu suatu tindakan dinilai baik atau buruk secara moral. Di samping ini, etika juga berurusan dengan penjelasan mengenai hal-hal apa yang seharusnya membuat suatu tindakan dinilai baik atau buruk bila bukan karena ini atau karena itu sebagaimana diperiksa dan diujinya secara kritis pada prinsip-prinsip etis tertentu.
KEGIATAN MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN PADA ANAK MELALUI EDUKASI DIGITAL DI YAYASAN DOMYADHU LEBAK BULUS Adi Hermawan; Dedi Saputra; Dian Nur fadhilah; Eva Sulistia Pratiwi; Ina Rakhma; Indah Herlina Farid; Lusiana; Yulia Kristiana
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya PKM ini untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar mereka bias lebih termotivasi untuk lebih disiplin kreatif dan mandiri dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui edukasi digital. Sikap disiplin sendiri kapan memunculkan sikap mandiri dan kreatif dimana anak-anak akan mampu mengatasi berbagai macam masalah yang dihadapi sehingga menumbuhkan jiwa kepemimpinan itu sendiri. Metode yang dipakai dalam PKM ini adalah metode presentasi dimana bertujuan agar pemahaman tentang penumbuhan jiwa kepemimpinan ini mudah diterima oleh anak-anak. Dan hasil dari PKM ini kami berharap anak- anak dapat lebih paham mengenai definisi kepemimpinan dan melihatcontoh orang sekitar yang bias dijadikan sosok pemimpin supaya mereka lebih mengerti seperti apa sosok pemimpin itu sendiri sehingga mereka tahu bahwa jiwa kepemimpinan sangat penting diterapkan dan bisa dimulai pada kegiatan sehari-hari.
PELATIHAN KETERAMPILAN DASAR MICROSOFT WORD KEPADA ANAK-ANAK YAYASAN PEDULI BANGSA BANTEN Agustin Wahyuni; Ayasya Zhafirah; Buko Setiawan
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ilmu Komunikasi Vol. 1 No. 1 (2024): JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ILMU KOMUNIKASI
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di era globalisasi ini, banyak sekali pekerjaan yang dalam penyelesaiannya harus menggunakan komputer salah satunya dengan software Microsoft Office, seperti halnya dalam surat-menyurat, membuat proposal, membuat presentasi atau pelatihan, dan masih banyak lagi. Kemampuan tersebut harus dimilki semua individu agar tidak tertinggal dalam kemajuan teknologi. Menyadari pentingnya kemampuan penguasaan program Microsoft Office, penulis bersama-sama ingin memperkenalkan dasar-dasar program Microsoft Word kepada anak-anak di Yayasan Peduli Bangsa Banten dengan tujuan agar mereka tidak tertinggal terlalu jauh ketika nanti mendapatkan tugas sekolah yang berhubungan dengan Microsoft Word ini, apalagi kami menyadari bahwa sekolah daring yang saat ini sedang diterapkan membuat kegiatan belajar anak-anak tidak maksimal tanpa adanya pengawasan guru.