LoroNG
Vol 4 No 1 (2015)

Implikasi Pendidikan Multikultural pada Paham Pluralis di Kalangan Pelajar (Studi Sekolah Elite Islam Kota Malang)

Ichmi Yani Arinda Rohmah (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Angkatan 2011)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2018

Abstract

Multikultural education has a purpose to provide an understanding to students about the sosial and cultural diversity as well as create renewal within the learners so as to achieve a level playing field for all students. SMA Islam Malang one of the schools that develop multikultural education with learners who have a background of economic level, understanding of the religion, ethnicity, tribe and culture. Implementation and development of multikultural education learners understand pluralism and applies in life. In addition, SMA Islam Malang has never been recorded as a school with a high level of juvenile delinquency. Pendidikan multikultural memiliki tujuan memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang keberagaman sosial dan budaya serta menciptakan pembaharuan dalam lingkungan peserta didik sehingga tercapainya sebuah kesetaraan untuk seluruh peserta didik. SMA Islam Malang salah satu sekolah yang mengembangkan pendidikan multikultural dengan latar peserta didik yang memiliki tingkat ekonomi, paham agama, etnik, suku dan budaya yang berbeda. Adanya implementasi dan pengembangan pendidikan multikultural peserta didik memahami pluralisme dan mengaplikasikan dalam kehidupan. Selain itu, SMA Islam Malang belum pernah tercatat sebagai sekolah dengan tingkat kenakalan remaja yang tinggi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

lorong

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

LoroNG: Media Pengkajian Sosial Budaya adalah jurnal ilmiah mahasiswa yang diterbitkan sebagai wadah pengkajian sosial dan budaya. Jurnal ini bertujuan menjadi tempat pengembangan kemampuan kritis dan analitis mahasiswa serta menjadi sarana untuk menggairahkan kembali tradisi menulis di kalangan ...