EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 3 (2024)

Game Edukasi untuk Siswa Diskalkulia Menggunakan Model MDLC

Alviena Rosalina (STKIP PGRI Bangkalan)
Mety Liesdiani (STKIP PGRI Bangkalan)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penggunaan game edukasi untuk pembelajaran dinilai dapat meningkatkan motivasi internal dan prestasi belajar siswa yang juga berlaku bagi siswa diskalkulia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang dinilai efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R & D) dan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil penelitian ini mencakup tahap penentuan konsep, tahap perancangan aplikasi, tahap pengumpulan bahan, tahap pembuatan aplikasi, tahap uji coba aplikasi, dan tahap penyebaran aplikasi. Karena keterbatasan waktu penelitian ini dicukupkan sampai tahap alpha testing. Berdasarkan pengujian yang telah dipaparkan dapat ditunjukkan bahwa Game Edukasi Geo-Kalkulia dinyatakan valid dan praktis dengan nilai validasi dari ahli materi dan ahli media sebesar 100% dan nilai validasi dari guru pengajar sebesar 79%. Hal ini menyimpulkan bahwa Game Edukasi Geo-Kalkulia layak diuji coba kepada siswa diskalkulia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...