Anak ADHD mengalami permasalahan pada pemusatan perhatian atau tidak dapat berkonsentrasi terhadap suatu objek, salah satunya konsentrasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil asesmen, ditemukan peserta didik ADHD yang teridentifikasi masalah dengan konsentrasi rendah. Tiered task merupakan salah satu strategi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan berdasarkan kesiapan, minat dan profil belajar anak dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini menguji efektivitas strategi tiered task dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD pada pembelajaran TIK di SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk SSR jenis A-B-A, yaitu melihat kondisi peserta didik sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan instrumen durasi. Data dianalisis menggunakan grafik visual yang terdiri dari analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi belajar anak ADHD pada pembelajaran TIK di SMP Negeri 23 Padang setelah diterapkannya strategi tiered task. Penelitian ini memberikan referensi bagi guru sebagai strategi baru dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak ADHD di sekolah inklusif
Copyrights © 2024