Kepercayaan diri yang tinggi dapat membawa manfaat yang signifikan seperti peningkatan kualitas hidup, kesuksesan karir, hubungan sosial yang lebih baik, dan kemampuan mengatasi tantangan sehari-hari. Sebaliknya, rasa percaya diri yang rendah dapat menghambat perkembangan siswa, membatasi potensi dirinya, dan mengganggu kesejahteraan mental. Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-modul kepercayaan diri berbasis Android untuk membantu konselor bimbingan dalam mencapai tujuan konseling dan pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model 4-D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 46 siswa kelas X MAN 1 Pontianak, beserta pakar media, desain, dan konten. Fase Define mencakup analisis bagian depan, pembelajar, tugas, dan konsep untuk merumuskan tujuan pembelajaran, sedangkan fase Desain melibatkan konstruksi uji kriteria, pemilihan media, dan keputusan format. E-modul dikembangkan menggunakan PowerPoint, dikonversi ke format APK. Hasil validasi ahli media, desain, dan konten menunjukkan validitas tinggi, sedangkan uji pengembangan menghasilkan penilaian kuantitatif sangat positif. Umpan balik positif dari guru bimbingan dan siswa menegaskan relevansi dan efektivitas e-modul dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam layanan konseling di Madrasah.
Copyrights © 2024