Pembelajaran adalah upaya yang direncanakan oleh guru untuk menyebarkan pengetahuan dengan metode tertentu agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dan mencapai prestasi terbaik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif pada hasil belajar siswa UNM, khususnya siswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan asosiatif dan menggunakan variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) dan Prestasi Belajar (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarluaskan secara online. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang berasal dari mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang aktif. Hasilnya menunjukkan koefisien regresi X sebesar 0,354 yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 menyatakan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 Ada kemungkinan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (X) terhadap Prestasi Belajar (Y) adalah positif, berdasarkan nilai koefisien regresi yang positif. Selain itu, ada kemungkinan bahwa variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena itu, penting bagi guru dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran mereka dengan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024