EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Ekonomi Makro Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Handayani, Andi Asti (Unknown)
Supatminingsih, Tuti (Unknown)
Ridwan, Wardimansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran adalah upaya yang direncanakan oleh guru untuk menyebarkan pengetahuan dengan metode tertentu agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien dan mencapai prestasi terbaik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran kooperatif pada hasil belajar siswa UNM, khususnya siswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan asosiatif dan menggunakan variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) dan Prestasi Belajar (Y). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarluaskan secara online. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang berasal dari mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar yang aktif. Hasilnya menunjukkan koefisien regresi X sebesar 0,354 yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 menyatakan bahwa setiap peningkatan 1% dalam model pembelajaran kooperatif akan meningkatkan prestasi belajar sebesar 0,354 Ada kemungkinan bahwa pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (X) terhadap Prestasi Belajar (Y) adalah positif, berdasarkan nilai koefisien regresi yang positif. Selain itu, ada kemungkinan bahwa variabel Model Pembelajaran Kooperatif (X) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Prestasi Belajar (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Karena itu, penting bagi guru dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran mereka dengan menerapkan strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan kolaboratif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...