EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 3 (2024)

Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Annisa Qn (Universitas Muria Kudus)
Marshindi Aulia (Universitas Muria Kudus)
Sri Indah Yani (Universitas Muria Kudus)
Dinar Aflih Nugraheni (Universitas Muria Kudus)
Hidayanti Fita Anjani (Universitas Muria Kudus)
Arya Maulana Ramadhan (Universitas Muria Kudus)
Farah Shoufika Hilyana (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Peran tenaga pendidik yang profesional sangatlah penting dalam membimbing seluruh siswa menuju pencapaian standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan.Tujuan penelitian adalah untuk mengevaluasi peran Pendidikan Guru Penggerak dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SDN Kayuapu. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian meunjukkan guru penggerak memainkan peran sentral dalam transformasi pendidikan dengan menjadi pemimpin dalam pembelajaran, memberikan inspirasi kepada rekan guru, menggerakkan komunitas pendidik melalui kolaborasi dalam kelompok kerja, dan membimbing peserta didik untuk menjadi pemimpin dalam berbagai aspek. Guru dituntut memiliki kompetensi tinggi, mulai dari kemampuan pedagogik untuk merancang pembelajaran yang memenuhi kebutuhan individu, kepribadian yang mencerminkan profesionalisme dan integritas, kemahiran dalam menguasai materi serta memanfaatkan teknologi, hingga kemampuan sosial untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait pendidikan. Dengan berbagai peran dan kompetensi ini, guru penggerak menjadi tulang punggung dalam membawa perubahan yang signifikan dalam lingkungan pendidikan. Dapat disimpulkan peran guru penggerak sangat penting karena guru dapat menggunakan keterampilan yang dimiliki untuk mendukung siswa dalam mencapai tujuan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...