EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Model Pembelajaran Sains Berbasis Siklus Panca Pramana terhadap Karakter Gotong Royong dan Bernalar Kritis Siswa Kelas V

Putri, Kadek Sinta Septia (Unknown)
Werang, Basillius Redan (Unknown)
Astawan, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar tergolong masih rendah, selain itu karakter gotong rotong siswa juga masih kurang tercermin pada sikap siswa sehari-hari di sekolah. Hal ini disebabkan oleh model pembbelajaran yang tidak menerapkan aspek tersebut. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran sains berbasis siklus panca Pramana terhadap karakter gotong royong dan bernalar kritis siswa kelas V. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif statistik deskriptif dengan desain post test only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-VI yang berjumlah 199. Sampel penelitian ini diperoleh secara cluster random sampling sehingga didapat kan sampel yakni siswa kelas V yang berjumlah 40 orang. Metode dan instrumenn pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yakni terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran sains berbasis siklus panca pramana terhadap bernalar kritis kelas V.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran sains berbasis siklus panca Pramana berpengaruh terhadap karakter gotong royong dan bernalar kritis siswa kelas V.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...