Jurnal Responsive Teknik Informatika
Vol. 4 No. 02 (2020): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika

Pengembangan Portal Karyawan PT Appipa Indonesia Berbasis Web Menggunakan Metode CRM (Customer Relationship Management)

Okta Veza (Universitas Ibnu Sina)
Indah Kusuma Dewi (Universitas Ibnu Sina)
Islapirna (PT. Appipa Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

PT. Appipa Indonesia dalam mengelola data pegawai saat ini masih dilakukan secara terpisah-pisah atau belum tersusun dengan baik dimana sistem yang ada belum dapat memudahkan pencarian data karyawan dan juga belum terintegrasi dalam satu sistem informasi. Tujuan penelitian adalah menghasilkan pengembangan sistem informasi portal karyawan dan menerapkan CRM (Customer Relationship Management) sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Dan untuk aktifitas fokus ke pengambangan model menggunakan UML (Unified Modeling Language) sebagai pemodelan sistem, dan RUP (Rational Unified Process) penulis pilih sebagai perancangan dan pengujian pada portal karyawan PT Appipa Indonesia. Alasan penulis memilih RUP (Rational Unified Process) sebagai perancangan dan pengujian karna memiliki proses yang detail dan berurut. Dan juga setiap langkahnya terkontrol secara sistematis. Sistem yang akan dibangun ini memberikan kemudahan bagi unit SDM untuk melakukan pencarian data karyawan. Dan untuk user dapat memudahkan untuk mengubah datanya secara mandiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal aimed at providing a platform for researchers, academics, and professionals to publish their latest research and thoughts in the field of responsive informatics engineering. This journal was established with the goal of being one of ...