Jurnal Sibernetika
Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Sibernetika

OPTIMALISASI JARINGAN WIDE AREA NETWORK MENGGUNAKAN SOFTWARE DEFINED NETWORK VIPTELA

Santoso (STMIK Muhammadiyah Jakarta)
Bambang Judi Bagono (STMIK Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Software Defined Networking (SDN) membuat konfigurasi jaringan Wide Area Network (WAN) menjadi lebih mudah dengan memisahkan antara control plane dan data plane. Control plane pada kontroler memiliki informasi perangkat dan dapat mengontrol perangkat-perangkat tersebut secara terpusat. Salah satu kontroler dalam SDN yang dikembangkan saat ini adalah VIPTELA.Viptela menyediakan interface yang sangat intutif dan mendukung Application Programming Interface (API). Dengan hal tersebut, system yang sebelumnya sangat terbatas, menjadi sebuah informasi yang dapat di gunakan sebagai dasar sebuah keputusan bisnis yang di korelasikan ke perangkat IT Infrastuktur. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Network Development Life Cycle (NDLC) yang mendefinisikan proses pembangunan atau pengembangan sistem jaringan komputer. Tahapan meliputi Analysis – Design – Simulation prototyping – Implementation – Monitoring – Management. Visualisasi yang dilakukan menghasilkan grafik perangkat Router, switch beserta portnya, dan parameter lain seperti packet sent, packet received, bytes sent, dan byte received, Packet Loss, dan Tunnel health. Hasil visualisasi statistik dari topologi tersebut sesuai dengan jumlah koneksi perangkat tiap topologi, semakin banyak koneksi perangkatnya maka semakin besar pula indikator statistik yang tercatat pada controller, dan ditampilkan pada web interface.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sibernetika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), Microcontroller, Expert System (Sistem Pakar), Network System, Mobile Computing,Smart System, Software Development, Enterprise Resource Planning, Enterprise Architecture, E-Commerce, Supply Chain Management, Knowledge Management System, Customer ...