Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar menentukan volume kubus dan balok serta hubungan akar pangkat tiga pada siswa kelas V SD negeri 2 Kalimati semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimatiyang berjumlah 30 siswa. Prosedur yang digunakan adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar. Peningkatan terjadi pada siklus I tetapi belum maksimal. Pada pelaksanaan siklus II meningkat sesuai dengan harapan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dari kurang menjadi baik. Nilai ketuntasan hasil belajar (KI 3) meningkat dari prasiklus 73% menjadi 87% pada siklus II meningkat 14%, serta rata-rata nilai prasiklus 70 meningkat menjadi 79 pada siklus II meningkat 9 poin. Nilai ketuntasan hasil belajar (KI-4) meningkat dari prasiklus 70% menjadi 87% pada siklus II meningkat 17% , serta rata-rata nilai prasiklus 73 meningkat menjadi 82 pada siklus II meningkat 9 poin.
Copyrights © 2022