cover
Contact Name
Siti Patonah
Contact Email
sitifatonah@upgris.ac.id
Phone
+6281326274259
Journal Mail Official
cerdasmendidik@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Jl. Sidodadi Timur no.24, Dr. Cipto - Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Cerdas Mendidik
ISSN : -     EISSN : 30310393     DOI : https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20656
Core Subject : Education,
Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. Secondary Education 4. Higher Education 5. Inclusive Education
Articles 121 Documents
NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “SI ENTONG” BAGI PENERAPAN KARAKTER SISWA Saputra, Dhahana Aris; Mudzanatun, Mudzanatun; Arisyanto, Prasena
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v2i2.18558

Abstract

Pendidikan karakter merupakan unsur yang sangat penting untuk membina karakter seseorang. Pembentukan pendidikan karakter bukanlah tanggung jawab segelintir orang maupun lembaga tertentu saja. Pelaksanaan pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama, baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Tujuan pendidikan karakter ialah mengajarkan nilai nilai karakter tertentu, nilai-nilai yang bisa diterima secara luas yang bisa dijadikan dasar perilaku yang baik serta bertanggung jawab, yang kemudian digambarkan dengan perilaku moral seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter dalam serial animasi Si Entong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menurut Sugiyono (2017:59), metode deskriptif adalah penelitian yang melukiskan, mengambarkan, atau memaparkan keadaan objek yang diteliti sebagai apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi ketika penelitan tersebut dilakukan. Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui nilai-nilai karakter dalam film film animasi Si Entong yang bermanfaat bagi penerapan karakter anak sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa 18 nilai karakter yaitu religious, jujur, toleransi, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab ditemukan dalam serial animasi Si Entong.Kata Kunci : Nilai-Nilai Karakter, Film Animasi Si Entong
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TRUTH OR DARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS IV SD N KEMBANGARUM 02 Nugraheni, Rahma Okta; Kartinah, Kartinah; Fajriyah, Khusnul
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 3, No 2 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v3i2.20659

Abstract

Media pembelajaran menjadi salah satu permasalahan yang sering ditemui dalam proses pembelajaran terutama di tingkat sekolah dasar. Adanya keterbatasan media pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik menjadi bosan dan malas untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran kartu Truth Or Dare yang dapat digunakan oleh peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingat kevalidan dan kepraktisan media tersebut melalui validasi ahli dan angket respon. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dihasilkan yakni media kartu Truth Or Dare pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Hak dan Kewajiban. Berdasarkan uji kevalidan media mendapatkan skor rata rata 95%  dengan kualifikasi “sangat valid” dan uji kevalidan materi mendapatkan skor rata rata 79% dengan kualifikasi “valid” serta hasil uji kepraktisan mendapatkan skor rata rata 98% dengan kategori “sangat praktis”.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN VOLUME KUBUS DAN BALOK SERTA HUBUNGAN AKAR PANGKAT TIGA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Anggraini, Igut
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v1i1.15138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar menentukan volume kubus dan balok serta hubungan akar pangkat tiga pada siswa kelas V SD negeri 2 Kalimati semester II tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalimatiyang berjumlah 30 siswa. Prosedur yang digunakan adalah (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar. Peningkatan terjadi pada siklus I tetapi belum maksimal. Pada pelaksanaan siklus II meningkat sesuai dengan harapan. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dari kurang menjadi  baik. Nilai ketuntasan hasil belajar (KI 3) meningkat dari prasiklus 73% menjadi 87% pada siklus II meningkat 14%, serta rata-rata nilai prasiklus 70 meningkat menjadi 79 pada siklus II meningkat 9 poin. Nilai ketuntasan hasil belajar (KI-4) meningkat dari prasiklus 70% menjadi 87% pada siklus II meningkat 17% , serta rata-rata nilai prasiklus 73 meningkat menjadi 82 pada siklus II meningkat 9 poin.
PENDIDIKAN ANTI PERUNDUNGAN PADA REMAJA KARANG TARUNA DI KELURAHAN SALAMSARI KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL Budiman, Muhammad Arief; Ismanto, Heri Saptadi; Listyarini, Ikha; Rahmawati, Intan
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 3, No 2 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v3i2.20654

Abstract

Maraknya kasus perundungan di kalangan remaja yang muncul di berbagai pemberitaan media massa menimbulkan kekhawatiran pada dunia pendidikan umumnya, dan kepada para pendidik khususnya, untuk mampu menciptakan media pembelajaran anti perundungan yang memadai bagi para remaja. Penelitian ini bertujuan menganalisis pendidikan anti perundungan yang ada di kalangan remaja karang taruna di kelurahan Salamsari kecamatan Boja kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para remaja karang taruna di kelurahan Salamsari kecamatan Boja kabupaten Kendal sudah mampu memahami pentingnya pendidikan anti prundungan dan mereka juga sudah menerapkan pembelajaran anti perundungan dengan media postes dan video yang didapatkan dari media sosial youtube. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan anti perundungan penting untuk diberikan kepada kalangan remaja bukan saja melalui pendidikan formal namun juga melalui pendidikan informal, misalnya melalui organisasi karang taruna.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS III Pamungkas, Dwi; Sundari, Riris Setyo; Saputro, Bagus Ardi
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v1i1.12298

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian yang dialami siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara, (2) observasi, (3) angket, dan (4) dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas III. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas III yang berjumlah 13 siswa dari 6 siswa mengalami kesulitan belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Ditemukan sebagai berikut kesulitan belajar matematika materi operasi hitung perkalian meliputi, kesulitan penggunaan proses yang keliru, kesulitan dalam perhitungan, kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan nilai tempat dan kurang teliti.Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Perkalian dan pembagian
ANALISIS KETERLAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 4 SDN 1 PENYANGKRINGAN Ardiyanto, Wahyu; Arisyanto, Prasena; Budiman, Muhammad Arief
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 3, No 1 (2024): April 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v3i1.17455

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di sebabkan dari perubahan dan penyempurnaan kurikulum sebelumnya dan Sekolah SDN 1 Penyangkringan menjadi sekolah penggerak dan menerapkan Kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2022/2023. Menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai landasan pengembangan nilai Karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam pengimplementasiannya dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler (projek). Adapun 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya: (1) Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, (2) Berkebhinekaan Global, (3) Bergotong Royong, (4) Mandiri, (5)Bernalar Kritis, dan (6) Kreatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket dengan sumber peneliti yaitu siswa kelas IV, guru dan kepala sekolah. Tujuan ini untuk, (1) Mendeskripsikan Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Kelas IV di SDN 1 Penyangkringan, (2) Mendeskripsikan kendala yang terjadi ketika Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal Kelas IV di SDN 1 Penyangkringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berjalan dengan sangat baik. Peserta didik mampu menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada modul projek tema kearifan lokal. Pada kegiatan ini peserta didik diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila pada kegiatan apapun.Kata Kunci: Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 KELAS 5 SDN SIDOMULYO KECAMATAN GUNEM REMBANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Fitriani, Ayu
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 1, No 1 (2022): April 2022
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v1i1.8781

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan hasil belajar tema 8 kelas 5 SDN Sidomulyo Kecamatan Gunem Rembang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kualitatif untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tematik terpadu dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, SBdP, PPKn dan IPS meningkat pada tiap siklusnya. Masing-masing muatan pelajaran, persentase ketuntasan klasikalnya mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, Muatan Bahasa Indonesia mendapatkan 64% pada pra siklus, 77% pada siklus 1, 86% pada siklus 2,  91% pada siklus 3. Selanjutnya muatan pelajaran IPA mendapatkan 68% pada pra siklus, 73% pada siklus 1, 91% pada siklus 2, dan 95% pada siklus 3. muatan pelajaran SBdP mendapatkan 68% pada pra siklus, 82% pada siklus 1, dan 100% pada siklus 3. Muatan pelajaran PPKn mendapatkani 91% pada pra siklus, 100% pada siklus 2, dan 100% pada siklus 3. Sedangkan muatan pelajaran IPS mendapatkani 68% pada pra siklus, 73% pada siklus 2, dan 95% pada siklus 3.Kata Kunci: Hasil belajar, Tematik, Flipped Classroom
ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PROGRAM MERDEKA BELAJAR DI SDN PROYONANGGAN 02 KABUPATEN BATANG Karima, Berti Nur; Wakhyudin, Husni; Wijayanti, Arfilia
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 2, No 1 (2023): April 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v2i1.18533

Abstract

Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengolahan dan pengambilan data sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek  penelitian ini adalah guru SDN Proyonanggan 02 Batang. Sampel yang diambil adalah guru kelas II dan kelas V. Tujuan yang hendak  dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan guru dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Program Merdeka Belajar di  SDN Proyonanggan 02 Kabupaten Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Proyonanggan 02 Batang telah berjalan 82% dengan kategori baik. Persiapan guru dalam pelaksanaan AKM sudah cukup baik melalui dengan memberikan jam tambahan khusus untuk siswa latihan soal-soal AKM dan latihan IT dimana mengerjakan soal di komputer. Kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti ruangan khusus untuk pelaksanaan AKM atau untuk latihan, jaringan internet, dan pemahaman siswa dalam penggunaan IT. Kata Kunci: Analisis, Program Merdeka Belajar, AKM
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FRACTHEBOX (FRACTION IN THE BOX) DENGAN EVALUASI MELALUI QUIZIZZ UNTUK KLAS IV SD NEGERI KARANGSARI 1 Afla, Dina Ulil Ulya; Subekti, Ervina Eka; Sundari, Riris Setyo
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 3, No 2 (2024)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v3i2.20679

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar matematika materi pecahan akibat keterbatasan waktu guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon dalam uji coba media pembelajaran FRACTHEBOX pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Karangsari 1. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD), dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementastion, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskripsitif. Hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran FRACTHEBOX dinyatakan layak digunakan dengan perolehan presentase skor hasil validasi media sebersar 96,25% dengan kriteria sangat baik dan skor hasil validasi materi sebesar 96,25% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil respon guru sebagai analisis kelayakan media memperoleh presentase sebesar 96% masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan perolehan presentase angket respon peserta didik mendapatkan rat-rata sebesar 88,6% dengan katergori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan disimpulkan bahwa media pembelajaran FRACTHEBOX layak digunakan. Adapun perolehan rata-rata nilai pre test sebesar 45 dan rata-rata nilai post test sebesar 90, terjadi peningkatan setelah media pembelajaran FRACTHEBOX diimplementasikan. Dengan demikian media, FRACTHEBOX dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar, peserta didik materi pecahan.
PERSEPSI SIKAP GURU KELAS TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI DEMPET 2 KABUPATEN DEMAK Kristiyan, Candra; Sukamto, Sukamto; Untari, Mei Fita Asri
Jurnal Cerdas Mendidik Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/cm.v2i2.18554

Abstract

CANDRA KRISTIYAN. NPM 20126005. “Persepsi Sikap Guru Kelas Terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2022. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Era globalisasi saat ini telah mempengaruhi berbagai sendi kehidupan manusia di muka bumi ini. Titik poin utama globalisasi adalah pesatnya perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang berbasis IT (Information  Technology/ Teknologi Informasi). wabah covid-19 memberikan dampak terhadap sistem pendidikan yang awalnya pembelajaran tatap muka, sekarang berubah menjadi pembelajaran secara daring, menjadikan guru harus memanfaatkan aplikasi teknologi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat perbedaan media pembelajaran dan apakah terdapat perbedaan sikap guru kelas mengenai pembelajaran daring. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran dan perbedaan sikap guru kelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode survei cross-sectional, Semua data dianalisis menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS versi 20.0). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 guru kelas di SD Negeri Dempet 2 Kabupaten Demak. Hasil Penelitian Persepsi sikap guru kelas berdasarkan jenis kelamin, diperoleh hasil bahwa nilai sig. 0,024 α (0,05). Persepsi sikap guru kelas berdasarkan  usia diperoleh  nilai Sig. sebesar 0,024 α (0,05). Persepsi sikap guru kelas terhadap lama mengajar, diperoleh diperoleh nilai Sig. sebesar 0,013 α (0,05). Dan Persepsi sikap guru kelas berdasarkan tingkat kelas diperoleh nilai Sig. sebesar 0,031 α (0,05). Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran guru kelas dan terdapat perbedaan sikap guru kelas dalam pembelajaran daring. Saran dalam penelitian ini adalah guru harus lebih memanfaatkan TIK sebagai media belajar.Kata Kunci: Persepsi Sikap Guru Kelas, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran Daring.

Page 1 of 13 | Total Record : 121