Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan hasil belajar tema 8 kelas 5 SDN Sidomulyo Kecamatan Gunem Rembang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kualitatif untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik dan aktivitas guru dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar tematik terpadu dengan muatan pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, SBdP, PPKn dan IPS meningkat pada tiap siklusnya. Masing-masing muatan pelajaran, persentase ketuntasan klasikalnya mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, Muatan Bahasa Indonesia mendapatkan 64% pada pra siklus, 77% pada siklus 1, 86% pada siklus 2, 91% pada siklus 3. Selanjutnya muatan pelajaran IPA mendapatkan 68% pada pra siklus, 73% pada siklus 1, 91% pada siklus 2, dan 95% pada siklus 3. muatan pelajaran SBdP mendapatkan 68% pada pra siklus, 82% pada siklus 1, dan 100% pada siklus 3. Muatan pelajaran PPKn mendapatkani 91% pada pra siklus, 100% pada siklus 2, dan 100% pada siklus 3. Sedangkan muatan pelajaran IPS mendapatkani 68% pada pra siklus, 73% pada siklus 2, dan 95% pada siklus 3.Kata Kunci: Hasil belajar, Tematik, Flipped Classroom
Copyrights © 2022