Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengolahan dan pengambilan data sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Subjek  penelitian ini adalah guru SDN Proyonanggan 02 Batang. Sampel yang diambil adalah guru kelas II dan kelas V. Tujuan yang hendak  dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan guru dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Program Merdeka Belajar di  SDN Proyonanggan 02 Kabupaten Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN Proyonanggan 02 Batang telah berjalan 82% dengan kategori baik. Persiapan guru dalam pelaksanaan AKM sudah cukup baik melalui dengan memberikan jam tambahan khusus untuk siswa latihan soal-soal AKM dan latihan IT dimana mengerjakan soal di komputer. Kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kurangnya sarana dan prasarana seperti ruangan khusus untuk pelaksanaan AKM atau untuk latihan, jaringan internet, dan pemahaman siswa dalam penggunaan IT. Kata Kunci: Analisis, Program Merdeka Belajar, AKM
Copyrights © 2023