Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan, menganalisa hasil belajar tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan, setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning, dan menganalisa hasil belajar dalam menyajikan laporan pengamatan tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan, setelah diberikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Kayen, Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali pada siswa kelas VI semester 1 tahun pelajaran 2021/ 2022.Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan model Problem Based Learning meningkat menjadi efektif dan berkualitas, dibuktikan pada prasiklus sebesar 30,95% kategori kurang, siklus 1 menjadi 52,38% kategori cukup, dan siklus 2 meningkat menjadi 88,10% kategori sangat baik; (2) ada peningkatan hasil belajar KI 3 (kognitif) dalam menganalisa cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan, setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning, dibuktikan pada prasiklus hanya 21,43%, pada siklus 1 menjadi 57,14% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 85,71%; (3) ada peningkatan hasil belajar KI 4 (psikomotorik) dalam menyajikan laporan pengamatan tentang cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan, setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning, dibuktikan pada prasiklus hanya 21,43%, pada siklus 1 menjadi 50,00% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 92,86.
Copyrights © 2022