Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 1 (2024): April 2024

PENGEMBANGAN E-BOOK RUMBELTA (RUMAH BELAJAR KITA) DENGAN MODEL MAKE A MATCH PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU SUBTEMA 1 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH KELAS III SDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG

Zain, Aliffah Milania (Unknown)
Wakhyudin, Husni (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu a) menguji kevalidan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang, b) menguji kepraktisan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang c) menguji keberterimaan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang. Jenis penelitian yaitu research development dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penilaian pengembangan e-book Rumbelta dinyatakan valid. Uji validasi dilakukan oleh dua validator, dimana setiap validator sebagai ahli media sekaligus ahli materi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai dengan persentase berturut-turut yaitu 97,5% dengan kategori “sangat layak” dan 75% dengan kategori “layak”. Hasil validasi ahli memperoleh nilai dengan persentase berturut-turut yaitu 98,75% dengan kategori “sangat layak” dan 75% dengan kategori “layak”. E-book Rumbelta dikatakan praktis dan dapat diterima berdasarkan hasil respon guru dan siswa pada uji coba lapangan. Hasil penilaian pada respon guru yaitu 95% dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian pada respon siswa yaitu 98,25% dengan kategori “sangat layak”. E-book Rumbelta dapat dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif dengan materi tema yang lainnya.Kata Kunci: E-book, Rumah Belajar Kita, Make a match

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...