Tujuan penelitian ini yaitu a) menguji kevalidan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang, b) menguji kepraktisan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang c) menguji keberterimaan e-book Rumbelta dengan model make a match pada Tema 4 Kewajiban dan Hakku Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah kelas III di SDN Gunungpati 01 Semarang. Jenis penelitian yaitu research development dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penilaian pengembangan e-book Rumbelta dinyatakan valid. Uji validasi dilakukan oleh dua validator, dimana setiap validator sebagai ahli media sekaligus ahli materi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai dengan persentase berturut-turut yaitu 97,5% dengan kategori “sangat layak†dan 75% dengan kategori “layakâ€. Hasil validasi ahli memperoleh nilai dengan persentase berturut-turut yaitu 98,75% dengan kategori “sangat layak†dan 75% dengan kategori “layakâ€. E-book Rumbelta dikatakan praktis dan dapat diterima berdasarkan hasil respon guru dan siswa pada uji coba lapangan. Hasil penilaian pada respon guru yaitu 95% dengan kategori “sangat layakâ€. Hasil penilaian pada respon siswa yaitu 98,25% dengan kategori “sangat layakâ€. E-book Rumbelta dapat dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif dengan materi tema yang lainnya.Kata Kunci: E-book, Rumah Belajar Kita, Make a match
Copyrights © 2024