Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 2, No 1 (2023): April 2023

ANALISIS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KAYEN 01 KABUPATEN PATI

Ismohandoyo, Adiar (Unknown)
Artharina, Filia Prima (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget terhadap perilaku anak dilihat dari aspek menghomati guru, tolong menolong terhadap siswa lain, sopan santun, peka dan cara berterimakasih serta penanganan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku anak sekolah dasar di SD Negeri Kayen 01. Pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang “Analisis Dampak Gadget Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri Kayen 01 Kabupaten Pati” dapat disimpulkan bahwa dampak negatif penggunaan gadget terhadap  perilaku anak usia SD di SDN Kayen 01 yaitu berdampak pada perkembangan sosial anak, seperti anak kurang aktif dalam bersosialisasi maupun kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas, lupa dengan lingkungan sekitar, dan kurangnya waktu bermain bersama teman sebaya. Sedangkan dampak positif penggunaan gadget pada anak yaitu mempermudah komunikasi, media hiburan anak, meningkatkan kenyamanan dalam belajar, dan meningkatkan pengetahuan anak. Upaya mencegah ketergantungan anak terhadap gadget yaitu orang tua memberi arahan, memberi pengertian, memberi nasehat, dan lain sebagainya. Orang tua juga dapat memberikan aturan ketika anak tetap ingin menggunakan gadget, orang tua perlu menjadi teladan yang baik bagi anaknnya.Kata Kunci: Pengaruh penggunan gadget

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...