Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 3, No 2 (2024)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS VIDEO MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SD NEGERI KARANGTEMPEL SEMARANG

Ati, Pandan Laras (Unknown)
Kartinah, Kartinah (Unknown)
Agustini, Ferina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Perkembangan pendidikan di Indonesia melewati perjalanan yang panjang dari waktu ke waktu perjalanan pendidikan mengalami perubahan ke arah yang lebih maju. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Karangempel yang  menyatakan bahwa siswa kelas V masih sulit memahami  dan susah membayangkan pembelajaran IPAS materi sifat-sifat cahaya karena media yang kurang menarik. Jenis penelitian R D (Research and Development) diterapkan pada penelitian ini dengan berpedoman pada prosedur ADDIE (analysis, design, development, implementation,  dan evaluation) . Subjek penelitian adalah guru dan seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran digital berbasis video di kelas V SD Negeri Karangtempel Semarang telah berhasil meningkatkan inovasi dan menarik perhatian siswa. Media ini dinilai "Sangat Valid" oleh ahli materi dan ahli media, memenuhi kriteria kevalidan. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dianggap "Praktis" oleh respon siswa dan guru, yang menandakan bahwa media tersebut memenuhi kriteria kepraktisan dan dapat digunakan secara praktis dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...