Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 1, No 1 (2022): April 2022

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL UL-BOO PADA TEMA 5 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 3 KELAS 3 SD NEGERI KEDALON 02

Nurhayati, Erika Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menurunnya semangat belajar siswa. Diperlukannya media pembelajaran untuk menarik perhatian siswa agar semangat dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media audiovisual UL-BOO dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat membuat siswa agar semangat belajar dalam memahami materi pembelajaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan RD (Research and Development). Penelitian ini melibatkan siswa kelas III SD Negeri Kedalon 02. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan angket.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti menggunakan media audiovisual UL-BOO. Bentuk media pengembangan audiovisual UL-BOO yang digunakan adalah gubahan lirik lagu pecahan dan menggunakan lagu layang-layang. Hasil penelitian dari guru kelas yang berupa angket menunjukkan 82%, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian yang diberikan siswa kelas III SD Negeri Kedalon 02 berupa angket sebesar 94,2%, angka tersebut termasuk dalam kategori sangat setuju. Kesimpulannya hasil dalam penelitian ini  pembelajaran UL-BOO dapat digunakan media pembelajaran untuk meningkatkan semangat belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian inisaran yang dapat disampaikan adalah supaya media pembelajaran UL-BOO ini dapat dimanfaatkan atau digunakan untuk media pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...