Penelitian ini di latar belakangi oleh sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, oleh karena itu ketika guru bertanya dan diminta maju kedepan siswa kurang aktif, hal ini menjadi penyebab rendahnya pencapaian KKM matematika, yaitu 70. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model project based learning efektif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwaron. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas V SDN 4 Kuwaron. Data diperoleh melalui angket, wawancara, dokumentasi, tes, dan tatap muka. Hasil analisis akhir menunjukan adanya keefektifan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwaron. Hal itu dibukikan dengan    sebanyak 39,598 dan  sebanyak 2,046 maka      sehingga ditolak dan  diterima. Pengujian tersebut diambil melalui nilai pretest-posttest. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya keefektifan model project based learning terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Kuwaron. Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran, Project Based Learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023